Kamis25 April 2024

Rekomendasi

Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H Digelar 1 April

lihat  rukyatul hilal
lihat rukyatul hilal

AKSATANEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat awal Ramadan 1443 Hijriyah pada 1 April 2022 mendatang. Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat akan kembali digelar secara hybrid mengingat situasi masih pandemi Covid-19.

Jumlah peserta yang hadir fisik pun dibatasi sesuai ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, sedangkan lainnya akan berpartisipasi melalui telekonferensi.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, protokol kesehatan tetap berlaku," kata Kamaruddin dalam keterangannya pada Senin (14/3).

Menjelang sidang isbat, ruang sidang bakal disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker.

Kemenag Adib menyebut sidang isbat digelar sesuai Fatwa MUI tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Sidang isbat akan melibatkan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, kedutaan besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam. Kemudian, melibatkan perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

Adib menjelaskan sidang isbat akan dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1443 H berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi).

Pemaparan dilakukan Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag mulai pukul 17.00 WIB. "Sesi ini terbuka dan akan disiarkan melalui live streaming,” ujar Adib. Kedua, pelaksanaan sidang isbat penetapan Awal Ramadan 1443 H. Sesi ini digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Selain data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia. "Tahap ketiga, telekonferensi pers hasil sidang isbat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media sosial Kemenag," ucap Adib.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

KPK Terjun Usut Minyak Goreng Langka

Jakarta (AKSATANEWS.COM)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjun langsung untuk mengusut kelangkaan minyak goreng hingga kedelai. Hal itu disampai

Read more