Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

Komisi III Stuba ke Bappeda Jabar, Konsultasi Soal Program dan Strategi Peningkatan IPM

Komisi III DPRD Provinsi Jambi melaksanakan kunjungan kerja atau studi banding ke Bappeda Provinsi Jawa Barat.
Komisi III DPRD Provinsi Jambi melaksanakan kunjungan kerja atau studi banding ke Bappeda Provinsi Jawa Barat.

AKSATANEWS.COM-Pada tahun 2022 capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jawa Barat sebesar 73,12 persen berada pada status tertinggi. Mengetahui hal itu anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi melaksanakan kunjungan kerja atau studi banding ke Bappeda Provinsi Jawa Barat.

Dalam pertemuan itu, anggota Komisi III menanyakan apakah ada program atau startegi khusus dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan IPM tersebut.

"Tujuannya, kita ingin mengetahui strategi Indeks Pembangunan Manusia) Bagaimana metodologi perhitungan IPM di Provinsi Jawa Barat dan Bagaimana mengoptimalkan momentum peningkatan IPM, bagi perbaikan kualitas SDM di Provinsi Jambi," kata Ivan Wirata.

Kunjungan kerja tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi III Ivan Wirata, hadir juga anggota lainnya ada Bustami Yahya, Izhar Majid, Abun Yani, Juwanda, dan Raden Fauzi.

Dirinya berharap dari hasil kunjungan kerja serta masukan yang didapatkan di Bappeda Provinsi Jawa Barat akan diterapkan di Provinsi Jambi.

Dalam Pertemuan juga Komisi III DPRD Provinsi Jambi juga menyanyakan percepatan penurunan angka stunting. Kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata mengatakan, secara nasional tahun 2021, target penurunan stunting sebesar 21,1 persen belum tercapai karena prevalensi stunting masih 24,4 persen.

Sedangkan untuk mencapai 14 persen di tahun 2024, masih perlu penurunan prevalensi stunting sebesar 24,4 persen. Kurang 14 persen sama dengan 10,4 perssn dalam 3 tahun. Selanjutnya target penurunan stunting pertahun sampai 2024 harus lebih besar dari 10,4 persen.

"Kami tanyakan apa bentuk perencanaan untuk percepatan penurunan angka stunting di Provinsi Jawa Barat tahun 2023 baik berupa program kegiatan maupun dukungan anggaran melalui kementerian terkait," kata Ivan Wirata.

Selain itu dalam kunjungan kerja tersebut anggota Komisi III juga menanyakan masukan dan saran terkait Metode Penyusunan Anggaran untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU).

"Sektor yang merupakan mandatory spending yaitu sector pendidikan, kesehtan, dana alokasi umum, dana bagi hasil dan dana otonomi khusus. Dalam hal ini apa saja yang harus dipertimbangkan dalam pengalokasian dana tersebut dan bagaimana kebijakan, implementasi dan arah alokasi anggaran nya serta berapa persen dana APBD untuk masing-masing sektor," tutupnya.(*)

 

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Dewan Sarankan Pemprov Jambi Bentuk Tim Percepatan Pembangunan Ujung Jabung

AKSATANEWS.COM-Wakil Ketua I DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza menyarankan Pemerintah Provinsi Jambi agar membentuk tim percepatan pembangunan proyek pe

Read more

Komisi IV Konsultasi ke Kementerian PPA Terkait Penanganan Anak Alami Kekeras

  AKSATANEWS.COM- Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Perlindungan Perempuan dan

Read more

Kerap Terjadi Kecelakaan, DPRD Jambi Minta Pemprov Perlebar Jalur di Batas Kota Jambi-Sungai Duren

AKSTANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kemas Al Farabi menyikapi seringnya terjadi kecelakaan yang merengut korban jiwa di wilayah Simpang Rimbo h

Read more

Konsultasi Soal Perhutanan Sosial, Komisi II Kunker ke Dinas Kehutanan Provinsi Riau

AKSATANEWS.COM-Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Kehutanan Provinsi Riau, Kamis (16/3/2023). Kunjungan kerj

Read more

Anggota DPRD Provinsi Jambi, Budi Yako Hadiri Musrembang RKPD 2024 Pemkot Jambi

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Partai Gerindra Budi Yako hadiri Musrenbang Pemerintah Kota Jambi, Rencana Kerja Pemerintah Dae

Read more

Pelabuhan Ujung Jabung Mangkrak, DPRD Provinsi Jambi Sebut Pemprov Kurang Serius

AKSATANEWS.COM-Polemik Pelabuhan Ujung Jabung hingga hari ini belum selesai. Proyek tersebut mangkak di tiga masa jabatan Gubernur Jambi. Menanggapi h

Read more