Minggu8 September 2024

Rekomendasi

UIN Jambi Masuk Peringkat The Impact Rangkings 2022

Illustrasi

AKSATANEWS.COM- Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifudin Jambi masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2022.

Diketahui, THE Impact Rankings merupakan sebuah lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas–universitas di dunia berdasarkan kontribusi universitas terhadap 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang berpusat di London.

Sebelumnya, Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (Center for SDGs Studies) yang dibentuk oleh Rektor UIN STS Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari, MA., Ph.D dan di bawah koordinasi Wakil Rektor I Dr. Rofiqoh Ferawati, S.E., M.EI., bersama tim penyusun dokumen THE Impact Rankings telah berhasil submit pada tanggal 11 November 2021.

Jumlah item/matrik yang disubmit dalam portal THE Impact Rankings mencapai kurang lebih 300 item penilaian dan data yang disyaratkan oleh pihak penyelenggara adalah tahun 2019-2020, tidak diperbolehkan menginput data tahun 2021 karena kondisi universitas yang lockdown akibat pandemi Covid-19.

Su’aidi Asy’ari, mengatakan secara keseluruhan dari 17 indikator yang diukur, ditingkat Internasional UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi memperoleh ranking 1001+.

Untuk di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di bawah Kementerian Agama, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi pertamakali dan satu-satunya universitas yang memperoleh Ranking THE Impact Rankings tahun 2022.

Sedangkan ditingkat nasional, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi berada pada peringkat 20 bersama 9 universitas lainnya versi THE Impact Rankings.

"Pencapaian Peringkat UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi sangat luar biasa mengingat perubahan dari IAIN ke UIN baru berumur 4 tahun-an (sejak tahun 2017). Perubahan menjadi UIN sangat berarti dalam pengukuran nilai karena melibatkan banyak aspek sains, teknologi, lingkungan, dan budaya," ujarnya.

Rofiqoh Ferawati menjelaskan dari ke 17 tujuan SDGs di atas, di ambil tiga tujuan nilai tertinggi yang diperoleh UIN STS Jambi.

UIN STS Jambi memperoleh nilai tertinggi pada aspek Kesetaraan Gender (Gender Equality): 39.6-48.3, Energi bersih dan terjangkau (Affordable and Clean Energy):29.9 - 49.5, Pendidikan Berkualitas (Quality Education): 33.7-41.6, dan yang wajib diukur nilai adalah tujuan ke 17 Kemitraan untuk mencapai tujuan (Partnership for the Goals).

Dengan masuknya UIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi dalam THE Impact Rankings 2022 memberikan gambaran universitas mana yang paling kuat membuat langkah positif menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

THE Impact Rankings sangat penting untuk diikuti agar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi mampu melihat sebara besar kegiatan atau program dan upaya institusi dalam pembangunan berkelanjutan, serta menjadi bagian penting untuk bahan evaluasi khususnya pada bidang penelitian karena indikator penilaian ranking THE didominasi oleh indikator penelitian," sebutnya.

Tidak hanya itu, di bidang pendidikan dan pengajaran, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi dituntut untuk melakukan terobosan pada aspek pengajaran, dengan fokus pada keunggulan pengajaran dan keberhasilan peserta didik, dan dituntut untuk melakukan program-program yang berdampak terhadap masyarakat dan lingkungan seperti mengakhiri kemiskinan dan kelaparan; mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan yang baik dan pendidikan yang berkualitas; mencapai kesetaraan gender dan pertumbuhan ekonomi; penyediaan akses air bersih dan sanitasi serta energi bersih dan terjangkau; mendorong inovasi; mengurangi ketidaksetaraan; membangun kota dan komunitas yang berkelanjutan dan mencapai konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; mengatasi perubahan iklim; mengelola kehidupan di bawah air dan kehidupan di darat secara berkelanjutan; mempromosikan masyarakat yang damai; dan merevitalisasi kemitraan global.

Masuknya UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi akan memberikan dampak yang positif seperti halnya UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi akan semakin dikenal oleh masyarakat global, mempermudah menjalin kerjasama dengan kampus-kampus terbaik dunia, menciptakan lingkungan yang sehat, bersih, indah dan asri di lingkungan kampus, serta meningkatkan kolaborasi program dengan pemerintah daerah dalam mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Langkah berikutnya, UIN Sultan Thaha Saifudin Jambi akan terus menjalin kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan berbagai pihak untuk mendukung ketercapaian program-program yang di ukur dalam Times Higher Education (THE) Impact Rankings, serta akan mentargetkan ranking yang lebih tinggi lagi yakni THE World University Rankings yang lebih tinggi lagi seperti ‘’World University Ranking’ yang memasukkan volume publikasi minimum sebagai bagian dari kriteria kelayakan.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait