Minggu8 September 2024

Rekomendasi

Dipimpin Prabowo, Al Haris Ikuti Peluncuran Geoportal dan White Paper OMP Beyond 2024

Dihadiri Prabowo, Al Haris Ikuti Peluncuran Geoportal dan White Paper OMP Beyond 2024. Foto dok Kominfo Provinsi Jambi
Dihadiri Prabowo, Al Haris Ikuti Peluncuran Geoportal dan White Paper OMP Beyond 2024. Foto dok Kominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Haris menghadiri acara Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP) 2.0 dan White Paper One Map Policy (OMP) Beyond 2024 serta Penyampaian Hasil Capaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di The St. Regis Jakarta, Kamis (18/07/2024) sore kemarin.

Acara ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia terpilih atau Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur se-Indonesia, dan perwakilan Kementerian/Lembaga.

Dalam sambutannya, Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk pembangunan infrastruktur, baik fisik maupun konektivitas.

“Selain infrastruktur fisik, ada juga pembangunan infrastruktur konektivitas. One Map Policy (OMP) ini diharapkan untuk efisiensi dan tidak terjadi tumpang tindih pengelolaan tata ruang sehingga proses pembangunan bisa cepat,” ujar Prabowo.

“Indonesia saat ini juga butuh investasi, untuk memenuhi hal itu dibutuhkan government yang baik,” tambahnya.

Prabowo juga optimis, Indonesia di masa yang akan datang pertumbuhan ekonominya dari 5 perseb naik menjadi 8 persen.

“Saya sangat optimis pertumbuhan ekonomi kita meningkat mengingat kekayaan dan potensi kita sangat besar. Namun kita harus lebih efisien dan mengelolanya dengan baik serta mengambil kebijakan yang masuk akal. Mitigasi segala kebocoran dan penyelewengan, serta menghilangkan kebijakan yang tidak menguntungkan bagi kepentingan nasional dan rakyat,” pesannya.

Selanjutnya, Prabowo mengucapkan selamat kepada Menko Perekonomian dan seluruh Menteri yang telah bekerja keras sehingga Geoportal kebijakan satu peta 2.0 dan white paper One Map Policy (OMP) beyond 2024 dapat diluncurkan hari ini.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki daya tahan yang kuat ditengah ketidakpastian ekonomi dunia.

“Ekonomi Indonesia tetap resilien ditengah ketidakpastian ekonomi dunia, saat ini pertumbuhan ekonomi kita di angka 5,11 persen atau diantara negara G20 kita masuk dalam top 3. Inflasi kita juga rendah di angka 2,51 persen Lembaga rating juga masih menilai Indonesia dalam “investment grade” ungkap Airlangga.

Airlangga juga mengatakan bahwa target investasi kita tumbuh 68 sampai 68,6 persen, selanjutnya pada tahun 2025 target investasi sebesar 1.900 triliun rupiah.

“Untuk mencapai target tersebut kebijakan Satu Peta menjadi penting karena menjadi bagian perijinan dari ‘Online Single Submission’ (OSS) atau terkait dengan tata ruang. Hal ini juga menjadi strategis untuk penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” katanya.

“Kami juga menyusun rekomendasi keberlanjutan dalam bentuk ‘white paper’ yaitu dengan tema “Shaping Unite Faith Future Beyond 2024″. Mungkin kalo itu _beyond_ 2024 maka sudah di eranya Presiden terpilih,” tambah Airlangga disambut tepuk tangan peserta kegiatan.

Pada kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan bagi dua KEK terbaik dan apresiasi PSN kepada 25 Kementerian/Lembaga maupun 38 Pemerintah Provinsi, yakni:

Penghargaan KEK

1. Direktur Utama PT. Berkah Kawasan Manyar Sejahteta selaku Badan Usaha KEK Gresik, kategori KEK Industri Terbaik.

2. Direktur Utama PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia selaku Badan Usaha KEK Mandalika, kategori KEK Jasa Terbaik.

Apresiasi PSN

1. Menteri Perhubungan mewakili 25 Kementerian/Lembaga.

2. Pj. Gubernur Sumatera Selatan mewakili 38 Pemerintah Provinsi.

3. Direktur Utama PT PLN (Persero) mewakili BUMN.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Muh. Aris Marfai serta para tamu undangan lainnya. 

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Mendag Zulkifli Hasan Kunjungan Kerja ke Jambi. Berikut Agendanya

AKSATANEWS.COM - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas melakukan kunjungan kerja ke Jambi, hari ini, Sabtu (13/07/

Read more

Menkumham Yasonna Laoly Kunjungan Kerja ke Jambi. Berikut Agendanya

AKSATANEWS.COM - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly hari ini, Sabtu (29/06/2024) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jamb

Read more

AHY Puji Kinerja Al Haris Sukseskan Program Reforma Agraria

AKSATANEWS.COM - Menteri Agraria Dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memuji kinerja Gubernur Jam

Read more

AHY Didampingi Al Haris Antar Sertifikat ke Rumah Warga

AKSATANEWS.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam kunjungan kerjanya ke Jambi

Read more

Hari Ini! AHY Berkunjung ke Jambi. Ini Agendanya

AKSATANEWS.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hari ini, Selasa (25/04/2024) mel

Read more

MK Tolak Gugatan Anis-Ganjar, Prabowo Pemenang Pilpres 2024

AKSATANEWS.COM -Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan sengketa hasil Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diajukan Ani

Read more