Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

Festival Pangkalan Jambu Tahun 2023 Dipadati Ribuan Warga

Illustrasi / Oleh: Diskominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Malam puncak Festival Pangkalan Jambu dengan tema "Blek Gedang Anak Negeri" berlangsung meriah di Desa Tiga Alur Kecamatan Pangkalan Jambu Kabupaten Merangin, Sabtu (02/09/2023) malam.

Festival Pangkalan Jambu dipenuhi ribuan warga yang antusias ingin menyaksikan Parade Budaya, Pencak Silat, Tari Persembahan dan Seloko Adat.

Malam puncak Festival Pangkalan Jambu dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Yudi Wahyudin, Bupati Merangin H. Mashuri, Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya, Wakil Ketua DPRD Merangin Zaidan, serta para tamu undangan lainnya.

Gubernur Al Haris menerangkan, alam dan kebudayaan merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan. "Alam dan kebudayaan sangat berkaitan erat, jadi dua unsur ini tidak dapat dipisahkan," terang Gubernur Jambi.

Kemudian lanjut Gubernur Al Haris, alam merupakan sumber tatanan kehidupan.
"Kita berharap tentunya sungai kita dapat kembali bersih dan jernih, maka dari itu mari bersama kita menjaga lingkungan," ujarnya.

Gubernur Al Haris mengungkapkan, Desa Pangkalan Jambu memiliki kebudayaan yamg luar biasa. "Pangkalan Jambu memiliki Tari Kipas Perentak yang diciptakan seorang maestro Ibu Hj. Nuraini, dan ini tercatat kedalam Warisan Budaya Tak Benda (WBTB)," ungkap Gubernur Jambi.

Sementara itu, Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud RI) Yudi Wahyudin mengatakan, dua tahun berjalan Kenduri Swarnabhumi mendapatkan apresiasi luar biasa.

"Terima kasih kepada Gubernur Jambi yang telah mensupport penyelenggaraan rangkaian kegiatan Kenduri Swarnabhumi, tentunya ini memberikan ruang pengenalan potensi dan keunikan budaya," kata Yudi Wahyudin.

Sementara itu juga, Wakil Bupati Merangin Nilwan Yahya mengutarakan, Festival Pangkalan Jambu 2023 adalah kampanye gerakan pelestarian sungai.
"Sungai dan alam kita harus lestari, karena ini merupakan sumber kehidupan," ujar Wabup Merangin tersebut.(har)

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Wagub Sani Lepas Kontingen Musabaqah Qiraatil Kutub Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I melepas Kontingen Musabaqah Qiraatil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Provinsi Jambi bert

Read more

Gubernur Al Haris : Capaian Pendapatan Pemprov Jambi Tahun 2022 Melebihi Target

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH menyampaikan bahwa capaian Pendapatan Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2022 melebihi tar

Read more

Gubernur Al Haris Lepas Dua Paskibraka Jambi ke Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris melepas keberangkatan dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Provinsi Jambi untuk bertug

Read more

Al Haris Akan Launching Adat Melayu Jambi jadi Pelajaran Mulok di Sekolah

AKSATANEWS.COM-embaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi telah menyusun buku daras adat melayu Jambi yang akan menjadi panduan mata pelajaran muatan lok

Read more

Gubernur Al Haris Turun ke Lokasi Kebakaran Legok. Serahkan Bantuan Pada Korban

AKSATANEWS.COM-Pasca kebakaran 33 rumah di Kampung Legok Kelurahan Legok, Kota Jambi, Kamis (27/07/2023) pagi, Gubernur Al Haris langsung meninjau lok

Read more

Peringatan 10 Muharram 1445 H, Gubernur Al Haris Berbagi Kebahagiaan Bersama Ribuan Anak Yatim

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memperingati 10 Muharram 1445 Hijriah di lapangan depan kantor Gubernur Jambi, Jumat (28/07/2023).

Read more