Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

Gubernur Jambi Serukan Eks JAS dan Napiter Satukan Visi Cinta NKRI

Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri Pembacaan dan Penandatanganan Pernyataan Ikrar Setia NKRI, Jaringan JAS dan Eks Napiter Wilayah Jambi di Aula Besar Kantor Bupati Batanghari, Selasa (30/4
Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri Pembacaan dan Penandatanganan Pernyataan Ikrar Setia NKRI, Jaringan JAS dan Eks Napiter Wilayah Jambi di Aula Besar Kantor Bupati Batanghari, Selasa (30/4

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris mengajak eks Jamaah Ansharu Syari’ah (JAS) dan eks Napi Teroris (Napiter) untuk bersatu berbenah diri, satukan hati dan luruskan niat, bersama membangun bangsa Indonesia, karena cinta tanah air sebagian dari iman, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ajakan tersebut disampaikan Gubernur saat menghadiri Pembacaan dan Penandatanganan Pernyataan Ikrar Setia NKRI, Lepas Bai'at dan Ikrar Setia NKRI Jaringan Jamaah Ansharu Syari’ah dan Eks Napiter Wilayah Jambi di Aula Besar Kantor Bupati Batanghari, Selasa (30/4).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris menyampaikan apresiasi kepada Densus 88 dan Kapolda jambi serta mengajak eks JAS dan eks Napiter untuk satukan visi cinta NKRI, bahwa setiap langkah dan upaya yang dilakukan dapat bernilai pahala dan kebaikan.

"Apresiasi saya sampaikan kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dan bekerja sama sehingga kegiatan Pembacaan dan Penandatanganan Pernyataan Ikrar Setia NKRI dapat diselenggarakan. Dengan adanya penandatanganan dan sumpah ikrar ini, semua untuk dapat menjadi anggota masyarakat Indonesia yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, menghormati dan menghargai keberagaman negeri ini serta menjalankan ajaran agama secara benar dan sebaik-baiknya dengan tuntunan pemuka agama atau ulama yang terpercaya keilmuannya," ujar Haris.

"Ikrar yang hari ini diucapkan diharapkan tulus dari hati, untuk tidak lagi melakukan hal-hal yang bertentangan dengan NKRI, membawa diri dengan baik dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, bahu-membahu bersama seluruh komponen masyarakat Provinsi Jambi untuk menciptakan kedamaian dan ketentraman," kata Haris lagi.

Selain itu, Haris juga berpesan kepada semua pihak terutama pemerintah daerah dan para stakeholder agar bersinergi memberi dukungan serta melakukan upaya, agar eks JAS dan eks Napiter dapat diterima dengan baik di lingkungan masyarakat.

"Kepada pemerintah daerah dan para stakeholder agar bersinergi mengajak warga masyarakat lainnya untuk merangkul, agar mereka lebih mudah untuk menyatukan diri, kembali bekerja dan beraktivitas seperti warga masyarakat pada umumnya, sehingga mereka tidak lagi berusaha mencari tempat maupun organisasi yang bertentangan dengan NKRI," pesan Haris.

Haris juga menyebut, isu intoleransi, radikalisme dan terorisme ini tentu tidak hanya dipengaruhi oleh faktor agama, pendidikan maupun ekonomi semata, namun faktor psikologis juga menjadi pemicu.

"Untuk itu kita berikan pemahaman bagi mereka, bantu bimbing mereka, tadi mereka menyampaikan ada beberapa hal, untuk itu Bank Jambi dan BAZNAS akan membantu mereka, juga ada beberapa lahan untuk mereka, itu akan dibicarakan," kata Haris.

Sementara itu, Direktur Identifikasi Sosial Densus 88 Anti Teror Polri, Brigjen Pol Arif Makfudiharto mengatakan, hal yang dilakukan tersebut merupakan salah satu langkah baru yang positif.

"Kami sangat berterimakasih langkah positif dengan penegakan soft power. Ini adalah cara yang bisa dilakukan terlebih dahulu sebelum penegakan hukum. Kita harapkan saudara saudara bisa maju dan berjihad dalam kerangka Islam sebenarnya," ujar Arif.

Sementara itu, Wakil Bupati Batanghari, Bahktiar menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan Lepas Bai’at dan Ikrar Setia NKRI jaringan Jamaah Ansharu Syari’ah dan eks Napiter di wilayah Jambi.(*)

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Gubernur Jambi Beri Hadiah Umroh Gratis Untuk Tiga Hafiz 30 Juz, Termasuk Guru

AKSATANEWS.COM-Gubernur JambiĀ Al Haris memberikan hadiah umroh gratis kepada tiga siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi Jambi yang berhasil me

Read more

Gubernur Al Haris : Terima Kasih Masyarakat Jambi Yang Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Provinsi Jambi yang turut memberikan peran yang

Read more

Gubernur Al Haris : Satu Hari Bersama Jambi Ajang Perkenalkan Unggulan Jambi di Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH., mengatakan, Pamaren Satu Hari Bersama Jambi merupakan ajang untuk memperkenalkan unggulan

Read more

Gubernur Al Haris Dampingi Pangdam Sriwijaya Tanam Mangrove Serentak

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mendampingi Pangdam Kodam II Sriwijaya MAYJEN TNI HILMAN HADI, S.I.P., M.B.A., M.Han., dala

Read more

Wagub Sani Harap Penandatanganan Kerja Sama Jadi Pedoman Pelaksanaan Pemilu Di Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM- Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengharapkan, penandatanganan kerja sama menjadi pendoman dalam pelaksanaan pemilih

Read more

Gubernur Al Haris Perkokoh Peran Camat Di Masyarakat

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH., menyatakan akan terus memperkokoh peran dan fungsi Camat sebagai pemimpin di suatu wilaya

Read more