Sabtu27 April 2024

Rekomendasi

Jelang Puasa dan Lebaran, Gubernur Al Haris Pastikan Stok dan Harga Bahan Pokok Stabil

Inspeksi Mendadak (Sidak) Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo Jambi, Jum’at (08/03/2024) pagi.
Inspeksi Mendadak (Sidak) Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo Jambi, Jum’at (08/03/2024) pagi.

AKSATANEWS.COM Jambi - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH memastikan ketersediaan harga kebutuhan bahan pokok (Bapok) di Provinsi Jambi akan tetap stabil dan mencukupi dengan harga terjangkau menjelang Puasa dan Hari Raya Idul Fitri 1445H Tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat diwawancarai usai melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Harga Bahan Pokok di Pasar Angso Duo Jambi, Jum’at (08/03/2024) pagi.

Menjelang puasa dan lebaran tahun 2024- 1445 H Pemerintah Provinsi Jambi menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok (Bapok) tersedia dan mencukupi dengan harga terjangkau.

Gubernur Al Haris melakukan sidak bersama Tim Pengendalian Insplasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi dan tim Satgas Pangan Provinsi Jambi untuk melihat ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok di pasar Angso Duo Jambi.

Pada sidak tersebut Gubernur Al Haris melakukan dialog dengan para pedagang untuk melihat secara langsung harga kebutuhan bahan pokok di Provinsi Jambi.

Orang nomor satu di Provinsi Jambi tersebut menyatakan bahwa kedepannya umat Islam akan melaksanakan puasa bulan ramadhan, biasanya tren yang terjadi harga-harga bahan pokok mulai naik, untuk itu toko TPID Provinsi Jambi ini akan mengendalikan harga-harga, yang kira-kira masyarakat tidak keberatan dengan kenaikan harga tersebut. "Ada beberapa komoditi yang naik seperti cabai, tapi masih dalam ambang batas, tidak ada harga kebutuhan bahan pokok yang meningkat secara signifikan. Seluruhnya masih dalam keadaan relatif aman dan masih terjangkau oleh masyarakat," ujar Gubernur Al Haris.

"Ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, namun keadaan ini masih relatif aman, misalnya cabai sering terlambat masuk kepasar. Tugas kami memastikan dimana keterlambatannya dan memastikan harga stabil, harga terjangkau, pasokannya ada dan mudah didapat oleh Masyarakat," sambung Gubernur Al Haris.

"Kenaikan harga seperti ini menjadi salah satu momen menjelang lebaran, namun selama stok masih terjaga dan kenaikan masih normal, tidak menjadi masalah,” imbuh Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menjelaskan bahwa ada sedikit kenaikan harga pada daging segar, tapi stoknya masih terjaga serta pemerintah juga telah menyediakan solusi untuk daging, yaitu menyediakan daging beku yang stoknya mencukupi dan harganya tergolong murah.

Berdasarkan pantauan langsung di pasar Angso Duo Jambi, harga beras dipasaran untuk beras 5kg 75 ribu, beras 10 kg 143 ribu, sedangkan di TPID Beras Medium 5kg 57 ribu, Beras Premium 10kg 144 ribu, Beras Premium 5kg 72 ribu. 

Untuk harga-harga bahan pokok lainnya, Cabe rawit 42 ribu, Cabe merah 70 ribu, Cabe ijo 35 ribu, Minyak 2 liter 29 ribu. Minyak 1 liter 16 ribu, Bawang merah 28 ribu, Bawang putih 36 ribu, Bawang bombay 128 ribu, Telur sepiring 50 ribu 30 butir, 55 ribu 30 butir. Daging ayam 1kg 38 ribu, Daging sapi 1kg 130 ribu, Daging sapi beku 85 ribu, Kentang 1kg 16 ribu, Terong 1kg 13 ribu.(*)

 

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Gubernur Al Haris Lantik Hairul Suhairi Jadi Direktur Utama Bank Jambi

AKSATANEWS.COM Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH melantik H. Hairul Suhairi, S.E., M.M menjadi Direktur Utama PT. Bank Pembangunan Daerah Ja

Read more

Gubernur Al Haris Buka Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar Tingkat Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris,S.Sos,MH membuka Sosialisasi Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar Tingkat P

Read more

Berdialog dengan Petani di Desa Tidar Kuranji, Gubernur Jambi Dukung Pengembangan Komoditas Cabai

RADARJAMBI.CO.ID-Gubernur Jambi Al Haris bertemu dan berdialog dengan petani di Desa Tedar Kuranji, Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari, Ka

Read more

Gubernur Al Haris Didampingi Kadisdik Syamsurizal Pantau Langsung PPDB SMA Titian Teras

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris didampingi Kadis Pendidikan Provinsi Jambi, Syamsurizal dan Kabid SMA, Harmadeli melihat langsung proses Pener

Read more

Gubernur Al Haris: Kehadiran Baznas Berikan Warna Tersendiri

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mengemukakan, keberadaan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) memberikan warna tersendiri khus

Read more

Wagub Sani Pimpin Rapat Pengawasan Stunting, Pengentasan Kemiskinan dan Sektor UMKM

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi sekaligus Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I memi

Read more