Minggu25 September 2022

Rekomendasi

Kemah di IKN Nusantara, Jokowi Pakai Tenda Lama Saat Gempa Poso 2019

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan berkemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

AKSATANEWS.COM-Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut, tenda yang dipakai Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk kemah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur merupakan tenda yang dibeli saat gempa Poso, Sulawesi Tengah pada 2019. Namun, tenda itu belum sempat dipakai Jokowi saat itu.

"(Tenda) sudah lama banget. 2019 saat gempa Poso tahun berapa ya. Belum sempat dipakai saat gempa dulu," kata Heru kepada  Senin (14/3/2022).

Adapun tenda yang dipakai Jokowi adalah merek impor yakni, Quechua Arpenaz. Pihak Istana tidak membeli ulang untuk kemah di IKN Nusantara karena tenda tersebut masih tampak bagus dan belum sempat terpakai.

"Itu tenda inventaris sudah lama punya Setpres (Sekretariat Presiden). Sudah lama inventaris," tegas dia.

Menurut dia, tenda yang dipakai Jokowi dan rombongan merupakan stok lama yang diinventaris oleh Setpres. Heru mengatakan tidak ada tenda yang dibeli baru untuk keperluan kemah di IKN Nusantara.

"Sama sisa stok jaman dulu juga. Tenda sudah lama bukan beli baru," ucap Heru.

Sebelumnya, Heru menyampaikan hanya Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor yang akan ikut berkemah dengan Jokowi di IKN Nusantara. Sementara itu, 33 gubernur lainnya pulang dan tidak ikut berkemah.

Dia mengatakan, sarana untuk berkemah di kawasan IKN Nusantara masih terbatas, seperti air dan tenda. Selain itu, tenda yang bisa dibangun hanya sedikit karena tanah di IKN yang belum rata.

"Sarana yang terbatas. Air, tenda, dan lahan yang tidak rata sehingga terbatas yang bisa di bangunkan tenda," jelasnya.

Tak hanya Gubernur Kaltim, Jokowi juga akan ditemani sejumlah menteri saat berkemah di IKN Nusantara. Mereka antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretariat Kabinet Pramono Anung, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Selain itu ada juga Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yaitu Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

"Kepala otorita dan wakil (juga ikut kemah)," tutur Heru.(*)

Editor: Ndang

Sumber: Liputan6




Komentar Facebook


Berita Terkait

Jadwal Sidang Isbat Awal Ramadan 1443 H Digelar 1 April

AKSATANEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat awal Ramadan 1443 Hijriyah pada 1 April 2022 mendatang. Dirjen Bimas Islam K

Read more

KPK Terjun Usut Minyak Goreng Langka

Jakarta (AKSATANEWS.COM)- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terjun langsung untuk mengusut kelangkaan minyak goreng hingga kedelai. Hal itu disampai

Read more