Senin29 April 2024

Rekomendasi

Kemas Alfarabi Sebut Demo Berujung Ricuh di Kantor Gubernur Jambi Bentuk Kurang Perhatian Pusat

Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi
Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi tanggapi terkait aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh supir angkutan batubara di kantor gubernur Jambi yang berujung anarkis dan berujung pelaporan pengrusakan barang inventaris.

Kemas Alfarabi mengatakan, ini merupakan bentuk kurangnya perhatian pemerintah pusat terhadap pembangunan infrastruktur di provinsi Jambi.

"Sudah seharusnya Pemerintah Pusat memberi perhatian kepada Provinsi Jambi dengan penyediaan infrastruktur jalur kereta api dan pembangunan pelabuhan ujung jabung, sehingga keruwetan permasalahan angkutan batubara di Jambi yang sudah menelan 150 korban jiwa ini teratasi," jelasnya.


Kemas Alfarabi melanjutkan, manfaat batubara sebagai bahan utama menghasilkan berbagai produk gas, bahan bakar industri, hidrogen, solar dan PLTG dari sisi yuridis sudah ada UU nomor 4/2009, Perda no 8/2009,UU no 3/2020, Kepmen ESDM 301/2022 dan Perpres no 122/2022.

"Namun berbagai persoalan dari 8600 angkutan jumlah kendaraan dari lebih 60 perusahaan tambang batubara yang menyebabkan kerusakan pada 603 kilometer jalan nasional yang dilaluinya dan kerugian bagi masyarakat Jambi diprediksi selama 100 tahun kedepan kegiatan penambangan batubara di Jambi tetap dilakukan solusinya," tutupnya.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Anggota DPRD Budiyako Ungkap Dua Permasalahan Serius yang Dihadapi Kota Jambi

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi dapil Kota Jambi Budi Yako sebut saat ini ada dua permasalahan yang cukup serius yang dihadapi Kota Jambi.

Read more

Dewan Sebut Dampak Embargo di Jambi, Harga Karet dan Sawit tak Membaik

AKSATANEWS.COM-Dampak terjadinya embargo di Indonesia menyebabkan beberapa wilayah terkena dampaknya, salah satunya Provinsi Jambi. Menurut anggota D

Read more

Anggota DPRD Provinsi Jambi Minta UPTD yang Ada di Kerinci Dievaluasi

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria kembali minta Pemerintah Provinsi (pemprov) Jambi untuk mengevaluasi UPTD yang ada di kerinci.

Read more

Edi Purwanto sebut Donasi yang Diberikan untuk Korban Banjir Harus Koordinasi Satu Pintu

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto sebut perlu koordinasi terkait dengan donasi-donasi yang diberikan oleh donatur untuk masyarakat

Read more

Anggota DPRD Elpisna Berharap Subsidi Pupuk untuk Petani Tetap Berlanjut

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi Elpisina mengatakan, perlunya pembenahan terkait pendistribusian pupuk subsidi bagi petani. "Adanya pendat

Read more

Dewan Elpisiana Berharap Jalur Alternatif Angkutan Baru Bara Tidak Berdampak Negatif

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi Elpisina ikut berkomentar terkait persoalan angkutan batu bara di wilayah Jambi yang berdampak negatif bagi

Read more