Minggu8 September 2024

Rekomendasi

Kenduri Swarnabhumi 2024 Dimulai, Hendry Nursal Emban Tugas Direktur Festival Kota Jambi

Launching Kenduri Sawarnabhumi 2024.
Launching Kenduri Sawarnabhumi 2024.

AKSATANEWS.COM -  Kenduri Swarnabhumi 2024 di Provinsi Jambi resmi diluncurkan oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H, didampingi Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Ph.D. Peluncuran Kenduri Swarnabhumi “menghubungkan kembali masyarakat dengan peradaban”, berlangsung di aula rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu 5 Juni 2024.

Acara diawali penayangan video Kenduri Swarnabhumi tahun 2022-2023 di Provinsi Jambi. Saat itu, kegiatan berlangsung luar biasa dan sukses. Seperti disampaikan oleh Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, bahwa sebelumnya Jambi hampir tidak dikenal. Namun sekarang, dengan adanya Kenduri Swarnabhumi kini Jambi lebih dikenal di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Hari ini, kita telah melakukan peletakan batu pertama revitalisasi kawasan cagar budaya nasional (KCBN) MuaraJambi di kawasan candi Muaro Jambi. Kami dari awal menginginkan revitalisasi. Terima kasih atas inisiasi pak Dirjen dan pak Gubernur Jambi,” ujar Mahendra.

Lanjut Mahendra, saat ini sudah ada kegiatan-kegiatan kecil di kalangan masyarakat yang menunjukkan adanya komunikasi antar mereka dan peningkatan jumlah kunjungan ke ruang – ruang publik. Melalui Kenduri Swarnabhumi tahun ini, semoga semakin banyak tempat menjadi lebih ramai.

“Intinya kemendikbudristek berterima kasih karena ini ekosistem yang tidak mudah dibangun. Provinsi Jambi terbaik di Indonesia soal kerjasamanya. Semoga Kenduri Swarnabhumi 2024 semakin sukses,” tutup Mahendra.

Momen yang sama, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, Ph.D menjelaskan bahwa saat ini sedang melakukan upaya besar di Candi Muarojambi dan sungai Batanghari. Peradaban Sungai Batanghari tidak akan mungkin besar dan bertahan selama 700 tahun jika peradaban itu mengingkari kenyataan bahwa sungai merupakan sumber penghidupannya sehingga diperlukan saling menjaga potensi dan kelestarian Sungai Batanghari sebagai sumber peradaban manusia.

“Kalau benar mengalir ke hilir peradaban tersebut, maka bisa kita bayangkan betapa besarnya peradaban Sungai Batanghari dalam perkembangan kebudayaan melayu di Pulau Sumatera,” ujar Hilmar Farid.

“Terima kasih sekali kepada Pemerintah Daerah. Provinsi Jambi terbaik di Indonesia, harus bangga terhadap masyarakatnya. Dimasa yang akan datang, Kejayaan Jambi akan bangkit kembali,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek.

Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H, menyampaikan bahwa untuk merubah budaya budaya negatif tidak mudah. Namun, Alhamdulillah saat ini sudah banyak perubahan di masyarakat Jambi.

“Diawali dengan ngopi-ngopi, itulah sejarah Kenduri kita mulai. Apa yang kita lihat hari ini, pertama adalah semangat mulai ada menjaga sungai. Sekarang sudah ada komunitas menjaga sungai Batanghari dari kalangan anak muda,” Tutur Al Haris.

Dijelaskan Al Haris, bahwa tantangan pasti ada, tidak mudah merubah budaya negatif seperti membuang sampah di sungai hingga para pelaku dompeng. Untuk itu, dirinya mengambil kebijakan memperbolehkan angkutan batubara melewati sungai Batanghari. Selama ini, berapa puluh dompeng ditemukan dan sekarang dengan adanya tongkang batubara melintasi sungai Batanghari, dompeng kalah karena alur terbentuk. Selain itu, masyarakat segan membuang sampah karena ramai sekali.

“Kalau ditabrak tongkang jembatan mudah kita perbaiki, tetapi kalau memperbaiki kebudayaan sulit,” tegas figur cerdas dan energik sebagai Gubernur Jambi tersebut.

Kenduri Swarnabhumi 2024 dimeriahkan 12 Festival:

Provinsi Jambi: Baswara Nuraga

Dharmasraya: Bulek Laman Tuo

Sungai Penuh: Lek Nagrol

Sarolangun: Biduk Sayak

Kerinci: Kamuhi Arah

Kota Jambi: Keris Siginjai

Batanghari: Suku Bathin IX

Muarojambi: Sedekah Bumi

Merangin: Biduk Gedang Selang Beangkut

Tebo: Seentak Galah Serengkuh Dayung Jilid III

Bungo: Sidang Balai Tanah Priuk

Tanjab Barat: Kenduri Malam Tari Inai

Direktur Festival Keris Siginjai, Hendry Nursal menyampaikan Kenduri swarnabhumi tahun ketiga diharapkan memberi sesuatu yang berbeda, lebih baik dari sebelumnya.

“Event ini, tentu dengan tujuan lebih mengembangkan seni dan budaya Jambi, membuka pintu bagi mata Indonesia bahkan dunia,” Harapnya.

Namun, Hendry Nursal menuturkan bahwa tidak akan berhasil sebuah perhelatan besar, tanpa dukungan dari semua pihak.

“Iya Dukungan dari semua elemen dan lapisan masyarakat di Jambi Mari berikan dukungan, mari sukseskan.,” Ungkapnya.

“Setiap kita punya peran berbeda menyukseskannya, mari demi satu tujuan turut membangun Jambi, salah satunyo lewat seni dan budaya. Keberhasilan yang telah dicapai dua tahun sebelumnya, harus kita tingkatkan lagi tahun ini,” Pungkas Hendry.

Peluncuran Kenduri Swarnabhumi 2024 juga dihadiri oleh pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) diantaranya, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, kemudian Direktur Kepercayaan Masyarakat Adat, Syamsul Hadi dan Staf khusus Kemendikbudristek, Muhammad Haikal. Tamu undangan lainnya berasal dari Perwakilan Pemerintah Kabupaten/ Kota se Provinsi Jambi, Direktur Festival masing-masing daerah dan Kurator.

Prosesi peluncuran Kenduri Swarnabhumi 2024 ditandai dengan pemukulan kompangan. Kemudian dilanjutkan pembacaan piagam Batanghari, merupakan penghubung masa depan dan janji masa lampau.

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Kemendikbudristek Komitmen Jadikan KCBN Muarajambi Sumber Inspirasi Kebudayaan Berkelanjutan

AKSATANEWS.COM - Prosesi Tegak Tiang Tuo yang dilaksanakan pada 5 Juni 2024 menandai secara resmi dijalankannya megaproyek Revitalisasi Kawasan Cagar

Read more

Gubernur Al Haris dan Kapolda Jambi Tandatangani NPHD Dana Pengamanan Pilkada 2024 Senilai Rp 25 M

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Al Haris dan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono tandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pemilihan

Read more

Al Haris Lakukan Peletakan Emas Prosesi Tegak Tiang Tuo, Mega Proyek Revitalisasi KCBN Muarajambi

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Al Haris mengawali proses peletakan tiang pancang mega-proyek Revitalisasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaraj

Read more

Realisasi Mega Proyek Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan Jadikan KCBN Muarajambi Sumber Inspirasi dan Pengetahuan yang Menyenangkan

AKSATANEWS.COM - Prosesi Tegak Tiang Tuo menandai dijalankannya secara resmi mega-proyek Revitalisasi Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muarajambi,

Read more

Lepas JCH Kloter 23, Gubernur: Pemprov Jambi Komitmen Berikan yang Terbaik Bagi Jamaah

AKSATANEWSS.COM-Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan bahwa Pemerintah (Pemprov) Jambi sangat memperhatikan kenyamanan jamaah selama pemberangkatan den

Read more

Wagub Abdullah Sani Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Implementasikan Nilai-Nilai Pancasila

AKSATANEWS.COM - Wakil Gubernur Abdullah Sani menyampaikan Pancasila memiliki peran penting dalam menyatukan masyarakat dari segala suku, agama, buday

Read more