Selasa17 September 2024

Rekomendasi

Ketua DPRD Pantau Langsung Kerusakan Tiang Jembatan Aurduri 1 Pasca Ditabrak Tongkang Batu Bara

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (18/5) memantau langsung kerusakan jembatan pasca ditabrak tongkang batu bara.
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (18/5) memantau langsung kerusakan jembatan pasca ditabrak tongkang batu bara.

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Sabtu (18/5) memantau langsung Jembatan Aurduri 1 yang sempat viral lantaran tiang pengaman jembatan itu ditabrak oleh kapal tongkang dengan muatan batu bara.

Edi memantau dengan menggunakan kapal speedboat sehingga langsung secara jelas melihat bagaimana kondisi tiang jembatan Aurduri 1 tersebut.

Pada kesempatan itu, Edi turut didampingi Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Kepala BPJN dan pihak BWSS.

Hasil tinjauan di lapangan, disampaikan Edi selain tiang pengaman yang rusak pasca ditabrak kapal tongkang, ada juga tiang pengaman yang bergeser posisi atau miring.

“Tapi alhamdulillah pada saat ini posisi jembatan masih aman, karena memang yang di tabrak itu bagian dari pengaman tiang jembatan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena sampai saat ini posisinya masih aman,” katanya.

Meski demikian, Edi menyebut perlu langkah-langkah percepatan yang dilakukan untuk perbaikan pada bagian-bagian di tiang pengaman jembatan tersebut. Sebab itu ini menyebut pemerintah harus menerapkan punishmet kepada pengusaha kapal tongkang untuk bertanggungjawab.

“Tentu dengan kondisi seperti saat ini, saya berharap sebagaimana kemarin pak gubernur janji dengan DPRD akan meminta pengusaha untuk bertanggungjawab untuk perbaiki jembatan itu,” tegasnya.

Edi juga mendesak agar tanggungjawab perusahaan dengan melakukan perbaikan kontruksi tiang pengaman yang rusak tersebut segera dilakukan. Ia meminta agar pengusaha tidak mengulur-ulur waktu dalam perbaikan, mengingat jembatan tersebut merupakan jalan lintas, sehingga jangan menimbulkan kekhawatiran masyarakat.

"Ttentu nilai perbaikannya tidak sedikit, namun pihak pengusaha harus bertanggungjawab dan kita minta ini dilakukan percepatan, jangan menunggu dan menunggu yang ujung-ujungnya tidak terjadi perbaikan, sehingga masyarakat resah,” kata Edi lagi.(*)

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Perubahan RPJMD 2021-2026 Disahkan, Ketua DPRD Harapkan Jambi Semakin Baik

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto berharap dengan telah disahkannya Ranperda tentang Perubahan Perda Provinsi Jambi Nomor 11 tahu

Read more

Seluruh Fraksi DPRD Sepakati Perubahan Perda RPJMD tahun 2021-2026

AKSATANEWS.COM-Seluruh fraksi DPRD Provinsi Jambi menyepakati Ranperda tentang Perubahan Perda Provinsi Jambi nomor 11 tahun 2021 tentang RPJMD Provin

Read more

Terkait LKPj Gubernur Jambi, Pansus IV Tinjau RSUD Raden Mattaher

AKSATANEWS.COM-Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Provinsi Jambi yang membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Jambi tahun 2023,

Read more

DPRD Gelar Rapat Paripurna, Setujui Laporan Pansus jadi Rekomendasi Dewan

AKSATANEWS.COM-DPRD Provinsi Jambi menggelar rapat paripurna dengan dua agenda yakni pembahasan LKPJ Gubernur Jambi tahun 2023 dan Pengambilan Keputus

Read more

Insiden Tongkang Tabrak Jembatan, Ketua DPRD Minta Seluruh Kapal di Evaluasi

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto meminta pihak kapal tongkang untuk bertanggungjawab atas kejadian tertabraknya tiang penyangga

Read more

Kunker ke DPRD Jambi, Pansus DPRD Jateng Perdalam Kiat Pengentasan Kemiskinan

AKSATANEWS.COM-Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng)Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPRD Provinsi Jambi, Senin (13/5) disambut langsu

Read more