Jumat20 September 2024

Rekomendasi

Pemkot Jambi, TNI-Polri dan Tim Kerja Berkolaborasi Penuh Sukseskan Festival Keris Siginjai

Pemkot Jambi, TNI-Polri dan Tim Kerja Berkolaborasi Penuh Sukseskan Festival Keris Siginjai.
Pemkot Jambi, TNI-Polri dan Tim Kerja Berkolaborasi Penuh Sukseskan Festival Keris Siginjai.

AKSATANEWS.COM - Festival Keris Siginjai rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 di kota Jambi akan berlangsung pada 1 s.d 3 Agustus 2024 di Halaman Graha Siginjai.

Festival Keris Siginjai menghadirkan pergelaran pembuka “Keris Siginjai”, Wisata Sejarah Bersama pelajar, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Fashion Show Batik rancangan Desainer Muda Jambi, Festival Tugu Keris Siginjai, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM, lalu di malam puncak pergelaran “Telusur Jejak Leluhur”

Tim kerja terus melakukan berbagai persiapan baik secara materi maupun koordinasi dengan berbagai pihak, pemerintah kota (Pemkot) Jambi sekaligus para instansi terkait dan TNI-Polri.

“Tentunya harus terus kita perkuat, baik itu materi maupun koordinasi dengan berbagai pihak terkait agar pelaksanaan dapat berjalan sukses dan lancar. Pesan Pak Amirullah, pentingnya kekuatan Kolaborasi,” Ujar Hendry Nursal, Direktur Festival Keris Siginjai (Kamis, 11/07/2024) seusai menghadiri Rapat Persiapan bersama Pemkot Jambi di Graha Siginjai.

Hendry Nursal didampingi Didin Siroz selaku kurator dan Raja Rizki Maylando Manajer Acara dan Artistik, menjelaskan bahwa pertemuan dihadiri seluruh Instansi yang terlibat termasuk TNI-Polri.

“Iya tadi rapat dihadiri seluruh Instansi yang terlibat, bahkan juga hadir dari pihak TNI-Polri seperti Kodim 0415/Jambi, Polresta Jambi, Polsek Kotabaru, Polsek Jelutung, Koramil Kotabaru dan Koramil Jelutung,” Urai Hendry Nursal.

Rapat dipimpin oleh Amirullah Asisten II bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Jambi didampingi Mariani Yanti Kepala Disparbud kota Jambi da Maha Pradana selaku kabid Kebudayaan Disparbud kota Jambi.

Adapun Instansi yang hadir ialah Satuan Polisi Pamong Praja Kota Jambi; Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jambi; Dinas Perhubungan Kota Jambi; Dinas Kesehatan Kota Jambi; Dinas Lingkungan Hidup Kota Jambi; Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Jambi; Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Jambi; Bagian Protokol dan Komunikasi Setda Kota Jambi; serta Bagian Umum Setda Kota Jambi.

Hendry Nursal dalam kesempatan rapat membeberkan rangkaian dan teknis pelaksanaan kegiatan “Saya juga memberikan gambaran rangkaian keseluruhan, susunan di pembukaan dan penutupan. Dengan begitu dapat tergambar kondisi masyarakat yang menghadiri,” Tandasnya.

Sementara itu, Amirullah menyampaikan dan mengajak seluruh OPD terlibat dapat mempersiapkan yang terbaik dan dengan terencana.

“Dari gambaran acara yang disampaikan Direktur Festival, tentunya kita harus persiapkan yang terbaik dan terencana. Jangan ada yang terlupakan, perhatikan lokasi parkir termasuk keamanannya mengingat ramainya masyarakat terutama saat malam puncak itu malam minggu,” Tegas Amirullah.

“Lalu lintas jalan sangat penting, saya meyakini kemacetan tidak dapat dihindarkan. Maka Instansi terkait tolong perhatikan, perkim penerangannya dibantu, DLH, PU, Bagian Umum dan lainnya misalkan kebutuhan tenda untuk UMKM. Protokol berkenaan dengan tamu VIP, termasuk Diskominfo dibantu promosi. Disparbud tentunya koordinasikan apa yang dibutuhkan dalam pelaksanaan festival,” Tambahnya menjelaskan.

Amirullah juga tidak luput perhatiannya terhadap hal-hal krusial demi kenyamanan dan keamanan festival keris siginjai.

“Dinkes tolong ambulansnya ada di lokasi, Damkar juga armadanya harus ada, perbanyak saat malam puncak. Dan kepada bapak-bapak TNI dan Kepolisian mohon bantuannya dalam hal pengamanan. Selain itu, materi ada wisata sejarah bantu yang dibutuhkan,” Harapnya.

“Terpenting kita harus berkolaborasi yang baik dan kuat, kita semua berdoa suksesnya festival keris siginjai. Sebelum pelaksanaan kita agendakan lagi pertemuan kedua, melihat progres,” Tandasnya. 

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Pengukuhan Kades dan BPD se-kabupaten Tebo, Al Haris: Manfaatkan Jabatan untuk Membangun Desa

AKSATANEWS.COM - Sebanyak 99 Kepala Desa (Kades) dan 779 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-kabupaten Tebo dikukuhkan masa perpanjangan jabat

Read more

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Al Haris Ajak Berkomitmen Jaga Lingkungan

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Al Haris menghadiri peringatan hari lingkungan hidup sedunia 2024 yang berlangsung di Desa Perintis, Kecamatan Rimbo B

Read more

Dewan Nilai Gubernur Mampu Mendesain Program Pembangunan Jambi

AKSATANEWS.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jambi melalui Fraksi-fraksinya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi dibawah

Read more

Wagub Abdullah Sani Apresiasi Kemeriahan MTQ XVI Muara Papalik Tanjabbar

AKSATANEWS.COM - Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengapresiasi kemeriahan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ke-XVI Tingkat Kecamatan Muara Papalik Kabup

Read more

Festival Batanghari di RTH, BAJA: Bukti Nyata Keberhasilan Haris-Sani Melestarikan Kekayaan Budaya Jambi

AKSATANEWS.COM -  Batanghari yang berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Jambi 05 sampai 08 Juli 2024 menjadi pusat perhatian masyarakat Jambi

Read more

Semarak Muharram, Wagub Abdullah Sani Santuni 175 Anak Yatim Se-Kecamatan Betara

AKSATANEWS.COM - Dalam rangka menyemarakkan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani memberikan santunan kepa

Read more