Selasa7 Mei 2024

Rekomendasi

Pencalonan Gibran Tetap Berlanjut: KPU Pastikan Semua Bakal Capres-Cawapres Memenuhi Syarat

Illustrasi

AKSATANEWS.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengonfirmasi bahwa semua bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang mendaftar telah memenuhi syarat administrasi untuk Pilpres 2024.

Saat ini, tiga pasangan calon telah menyerahkan dokumen mereka kepada KPU RI, termasuk Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Meskipun terjadi perubahan dalam kepemimpinan Mahkamah Konstitusi (MK) dengan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memberhentikan Anwar Usman dari jabatannya sebagai Ketua MK, KPU tetap konsisten dengan putusan MK nomor 90/PUU-XXI/2023.

Pihak KPU menyatakan bahwa hingga saat ini, tidak ada pembatalan putusan tersebut, dan KPU tidak memiliki kapasitas untuk mengomentari putusan MKMK.

Anggota KPU RI, Idham Holik, menjelaskan bahwa proses verifikasi administrasi mengacu pada perubahan PKPU Nomor 19 tahun 2023.

"KPU telah menerbitkan keputusan KPU yang diunggah ke JDIH. Saat ini sudah memenuhi syarat seluruh dokumen administrasi pencalonan bakal capres dan bakal cawapres, tinggal nunggu ditetapkan," tambahnya.

Menurutnya, semua dokumen administrasi pencalonan bakal capres dan bakal cawapres telah memenuhi persyaratan, dan saat ini tinggal menunggu penetapan resmi oleh KPU.

Idham menegaskan bahwa pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal cawapres Prabowo Subianto tidak akan gagal, karena Gibran telah memenuhi semua persyaratan.

"(Gibran) sudah memenuhi syarat, dan tinggal menunggu ditetapkan oleh KPU menjadi pasangan calon tetap dan sehari kemudian mengikuti pengundian nomor urut capres cawapres," tegas Idham.

Sebagai langkah berikutnya, KPU akan menetapkan pasangan calon resmi dan melakukan pengundian nomor urut capres-cawapres.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

Gerindra Siap Tampung Budiman Sudjatmiko Usai Dipecat PDIP

AKSATANEWS.COM-Partai Gerindra siap menampung Budiman Sudjatmiko usai dipecat PDIP karena mendukung Prabowo Subianto di

Read more

Serikat Pekerja Nasional Dukung Anies Baswedan, Jubir: Kaum Buruh Ingin Perubahan

AKSATANEWS.COM- Juru Bicara (Jubir) Anies Baswedan, Surya Tjandra mengatakan, dukungan Serikat Pekerja Nasional (SPN) ke Bakal Calon Presiden (Bacapre

Read more

Tim 8 Sebut Anies Bakal Umumkan Bakal Cawapres Seusai Menunaikan Ibadah Haji

JAKARTA - Anggota Tim 8 Al Muzzammil Yusuf mengatakan bahwa Bakal Calon Presiden 2024 dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (Partai NasDem, Partai Ke

Read more

Meriahkan Bulan Bung Karno, Kader PDIP Jambi Rela Tempuh Perjalanan 20 Jam.

AKSATANEWS.COM-100.000 kader PDI Perjuangan diperkirakan bakal memenuhi rayakan hari kelahiran sang Proklamator di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pad

Read more

Syarif Fasha Ajukan Pengunduran diri dari Wali Kota Jambi

AKSATANEWS.COM-Wali Kota Jambi Syarif Fasha secara resmi telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Walikota Jambi. Syarif Fasha di Jambi, Senin

Read more

PKS Tegaskan Sikap Dukung Anies Baswedan Jadi Capres

JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman menegaskan sikap partainya mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Ani

Read more