Rabu22 Mei 2024

Rekomendasi

576 Desa di Provinsi Jambi Terdampak Banjir Januari 2024

Illustrasi

AKSATANEWS.COM- Sebanyak 576 desa di Provinsi Jambi terdampak banjir Januari 2024. Ini terungkap dalam Rapat Koordinasi penanganan darurat bencana banjir dan longsor di Provinsi Jambi tahun 2024. 

Rapat tersebut dipimpin Sekda Provinsi Jambi, Sudirman, Kamis (25/1/2024) di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. Rapat dihadiri Deputi BNPB RI, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, para kepala daerah, BMKG Jambi. 

Sudirman membeberkan bahwa di Provinsi Jambi setidaknya ada 576 desa/kelurahan dalam 87 kecamatan yang terdampak bencana banjir di Provinsi Jambi. 

Ketika bencana banjir, Sudirman mengatakan banyak masyarakat enggan untuk mengungsi karena masalah keamanan dan juga terkait harta benda. 

Terkait itu, Pemprov Jambi ada beberapa upaya yang dilakukan dalam menghadapi bencana banjir.  

Pertama, terus memantau kondisi cuaca yang informasinya selalu diupdate dari BMKG Jambi. 

Kedua, melakukan koordinasi dengan stekholder terkait dari semua daerah untuk menyediakan peralatan, melakukan penanganan darurat, evakuasi korban terdampak, mendirikan tempat pengungsian, dapur umum dan pos pelayanan kesehatan. 

Sekda mengakui ketersediaan bantuan logistik saat ini sangat terbatas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak. 

“Bantuan logistik banjir yang didistribusikan oleh BPBD ke Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kota Jambi, Merangin, Sarolangun, Bungo, Tebo, Batanghari dan Tanjab Timur serta Muaro Jambi,” katanya. 

Untuk bantuan warga yang terdampak banjir sudah terdistribusi ke 10 kabupaten/kota yang meliputi bantuan paket kebersihan keluarga, perlengkapan makan, lauk pauk dan lainnya. 

Dan dari Dinas Sosial yang bersumber dari APBN ada makanan siap saji, beras dan sebagainya. Adapun dari APBD bantuan paket sembako sebanyak 887 yang terdistribusikan ke warga yang terdampak banjir. 

“Kendala penyaluran ini ada masalah akses misalnya jembatan yang rusak menghambat penyaluran bantuan,” pungkasnya.

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Polda Jambi Turunkan Tim Olah TKP Perusakan Kantor Gubernur

AKSATANEWS.COM-Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menurunkan tim identifikasi dan jatanras untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) perusakan k

Read more

Gubernur Jambi Al Haris Ingin Persoalan Batubara Tuntas Permanen

AKSATANEWS.COM-Kebijakan Gubernur Jambi Al Haris menyetop angkutan batubara melintasi jalan umum sejak awal Januari 2024 lalu, memunculkan berbagai re

Read more

Gubernur Al Haris Sesalkan Adanya Demo Anarkis Disaat Pemerintah Cari Solusi

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH sangat menyayangkan aksi demo para sopir batubara yang berakhir ricuh terjadi di Kantor Gub

Read more

Banjir Berdampak Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kerinci dan Sungai Penuh

AKSATANEWS.COM-Bencana banjir dan longsor yang melanda Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh berdampak terhadap ekonomi masyarakat di kedua daerah t

Read more

Stabilitas Ekonomi Terjaga, Inflasi Kota Jambi Tetap Terkendali

AKSATANEWS.COM-Inflasi di Kota Jambi menjadi perhatian Pj Wali Kota, Sri Purwaningsih, yang mengakui bahwa situasinya cukup terkendali dan tertang

Read more

Sekda Sudirman Lepas Kontingen Soeratin Jambi ke Surabaya

AKSATANEWS.COM-Sekretaris daerah (Sekda) Sudirman lepas keberangkatan kontingen Soeratin Jambi untuk mengikuti Soeratin Cup tingkat nasional 2024 kate

Read more