Sabtu26 November 2022

Rekomendasi

Gali Informasi Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Pansus III DPRD Provinsi Jambi Stuba ke KLHK

Pansus III DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Kemantrian LHK RI, Selasa (30/8/22).
Pansus III DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Kemantrian LHK RI, Selasa (30/8/22).

AKSATANEWS.COM- Mendapatkan data dan informasi terkait peraturan perundangan-undangan, arah kebijakan nasional, anggota Pansus III DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Kemantrian LHK RI, Selasa (30/8/22).

Dalam studi banding itu, pihaknya konsultasi rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2022 tentang Pertumbuhan Ekonomi Hijau.

Ketua Pansus III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata mengatakan, tujuan studi banding itu gali informasi dan konsultasi perundangan, termasuk isu-isu strategis, program dan kegiatan pemerintah pusat.

"Khususnya sesuai peran dan fungsi Kementerian LHK RI untuk mewujudkan pengelolaan lingkungan alam yang lestari dan berkelanjutan melalui perencanaan, pemanfaatan, pelestarian sumber daya alam, perlindungan fungsi lingkungan hidup, serta adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim," kata Ivan Wirata.

Suasana pertemuan

Pada konsultasi itu pihaknya juga mempertanyakan, dalam menerapkan Ranperda tersebut apa yang menjadi keharusan, sesuai kewenangan pemerintah provinsi.

"Baik dalam bentuk kebijakan maupun strategi untuk memastikan pertumbuhan ekonomi hijau di Provinsi Jambi agar berjalan selaras antara meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan membuka keran investasi secara besar-besaran di bidang pertambangan, perkebunan dan kehutanan dan pembangunan ramah lingkungan," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga meminta saran di sisi lain untuk menjaga ekosistem dari kerusakan akibat eksploitasi maupun eksplorasi terhadap sumber daya alam.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

Ketua DPRD Minta Pemprov Jambi Ingatkan Rekanan Jaga Kualitas Pekerjaan

Aksatanews.com-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto meminta agar Pemerintah Provinsi Jambi untuk mengingatkan pihak ketiga atau rekanan, agar menjag

Read more

DPRD Provinsi Jambi Minta PetroChina Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

AKSATANEWS.COM-DPRD Provinsi Jambi meminta Petro China memikirkan nasib masyarakat terutama di daerah wilayah kerja. Hal itu disampaikan oleh Ketua DP

Read more

DPRD bersama Pemprov Sepakat Tandatangani KUA PPAS APBD Provinsi Jambi 2023 Rp5,2 Triliun

AKSATANEWS.COM- Anggota DPRD Provinsi Jambi bersama Pemerintah Provinsi Jambi sepakat tanda tangani pengesahan KUA PPAS APBD Provinsi Jambi tahun angg

Read more

Ketua DPRD Provinsi Jambi Apresiasi Polda Jambi Berantas Illegal Drilling di Jambi

AKSATANEWS.COM- Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengapresiasi atas langkah Polda Jambi yang melakukan pemberantasan terhadap illegal drilling

Read more

Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Dewan Sebut Harus Mampu Selamatkan DAS Batanghari

AKSATANEWS.COM - Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Partai Golkar Dapil Muarojambi-Batanghari mengatakan, Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau Peme

Read more

Pansus III DPRD Provinsi Jambi Stuba ke Biro Hukum Pemprov Sumsel

AKSATANEWS.COM- Pansus III DPRD Provinsi Jambi melaksanakan studi banding ke biro hukum setreatariat daerah Provinsi Sumatera Selatan, Senin (22/8/22)

Read more