Minggu19 Mei 2024

Rekomendasi

Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau, Dewan Sebut Harus Mampu Selamatkan DAS Batanghari

Illustrasi

AKSATANEWS.COM - Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Partai Golkar Dapil Muarojambi-Batanghari mengatakan, Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2022 harus mampu selamatkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata sekaligus Ketua Pansus III Ranperda Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2022 mengatakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, saat ini merupakan salah satu DAS paling kritis di Indonesia.

Tingkat sedimentasi yang tinggi dan debit aliran sungai yang berfluktuasi, menyebabkan berbagai bencana lingkungan. Salah satunya adalah bahaya kekeringan dan banjir.

Hal tersebut masih ditambah lagi dengan insiden kebakaran hutan dan lahan selama beberapa tahun terakhir yang pada tahun 2015 mencapai 115 ribu hektar.

"Kita berharap Ranperda ini mampu selamatkan Daerah Aliran Sungai Batanghari, dan bencana lainnya," kata Ivan Wirata.

Dirinya juga meminta dengan latar belakang penyusunan Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jambi tentang Rencana Pertumbuhan Ekonomi Hijau perlu guna mendapatkan kajian yang mendalam dan komprehensif baik secara teoritik maupun pemikiran ilmiah dalam merumuskan rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jambi tentang Rencana Pertumbuhan Ekonomi Hijau.

Adanya Ranperda Pertumbuhan Ekonomi Hijau Pemerintah Provinsi Jambi tahun 2022 ini, kedepan akan dikemukakan landasan-landasan filosofis, sosiologis, dan yuridis serta kondisi psikopolitik masyarakat yang mendukung perlunya dibuat suatu peraturan perundang-undangan.

"Maka naskah akademik rancangan peraturan daerah ini pada dasarnya dimaksudkan untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi konsep-konsep dan dasar-dasar serta gagasan pemikiran yang diperlukan bagi perumusan rancangan peraturan daerah tentang Rencana Pertumbuhan Ekonomi Hijau," tutupnya.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

Pansus III DPRD Provinsi Jambi Stuba ke Biro Hukum Pemprov Sumsel

AKSATANEWS.COM- Pansus III DPRD Provinsi Jambi melaksanakan studi banding ke biro hukum setreatariat daerah Provinsi Sumatera Selatan, Senin (22/8/22)

Read more

Ketua DPRD Provinsi Jambi Tinjau Pembangunan Jalan di Kumpeh

AKSATANEWS.COM- Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto melakukan peninjauan langsung terhadap proyek pengerjaan jalan yang dilakukan oleh Dinas PUPR

Read more

Ketua DPRD Provinsi Jambi Ingatkan Vendor Pengerjaan Jalan Lakukan Sesuai Waktu Pengerjaan

AKSATANEWS.COM- Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto ingatkan agar vendor pengerjaan jalan di wilayah Kumpeh dalam melakukan pengerjaan sesuai deng

Read more

Ketua DPRD Provinsi Jambi Ajak Unsur Forkompinda Kawal Penyelesain SAD 113 hingga Tuntas

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto terus mengawal penyelesaian konflik lahan Suku Anak Dalam (SAD) 113 dengan PT Berkah Sawit Utam

Read more

Faizal Riza: Kita Minta Dikaji Kenaikan BBM Karena Berdampak Pada Perekonomian Masyarakat

AKSATANEWS.COM-Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi Partai Gerindra Faizal Riza menyikapi ancang-ancang Pemerintah Pusat akan menaikkan harga B

Read more

Pansus 4 DPRD Jambi Konsultasikan Ranperda Penyelenggaraan Batubara ke Dirjen Angkutan Jalan

AKSATANEWS.COM- Pansus 4 DPRD Provinsi Jambi masih berproses dalam membahas tiga Rancangan Peraturan Daerah, termasuk baru-baru ini, Pansus 4 DPRD Pro

Read more