Selasa30 April 2024

Rekomendasi

Gubernur Al Haris Ajak Masyarakat Bersatu Membangun Jambi

Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH
Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mengajak semua komponen masyarakat untuk terus bersatu padu membangun negeri Jambi dari segala bidang. Ajakan tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD ) Provinsi Jambi dalam rangka Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 67 Provinsi Jambi tahun 2024, bertempat di Ruang Utama Sidang DPRD Provinsi Jambi, Sabtu (06/01/2024).

"Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya mengucapkan terima kasih kepada para Pendiri Jambi atas segala ikhtiarnya dalam membangun Provinsi Jambi, terima kasih juga saya sampaikan kepada para Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi terdahulu beserta keluarga, yang telah banyak berbuat dan bertekad membangun Provinsi Jambi untuk menjadi lebih baik," ucap Gubernur Al Haris.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Al Haris juga menyampaikan ucapan selamat datang di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah dan ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada para Tamu Undangan Kehormatan yang telah berkenan meluangkan waktu dan meringankan langkah untuk hadir di Peringatan Hari Jadi Provinsi Jambi ke 67. "Dengan kehadiran Bapak dan Ibu tentunya memberikan spirit dan inspirasi bagi kami, untuk terus berkarya dalam mewujudkan kemajuan Provinsi Jambi ke depan jauh lebih baik dari sebelumnya, dalam semua sektor pembangunan secara berkelanjutan," ungkap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris memaparkan, masa kepemimpinannya dan wakil Gubernur Jambi secara efektif baru berjalan 2,5 tahun, namun tidak membatasi dirinya untuk mendorong percepatan pembangunan di segala bidang.

Hal ini juga berkat komitmen semua pemangku kepentingan dalam membangun sinergi dan kolaborasi untuk mewujudkan tujuan pembangunan. "Dengan akhir masa kepemimpinan kami ini menjadikan momentum dalam mengevaluasi seluruh rangkaian pembangunan yang telah dilakukan. Semoga apa yang telah dicapai hingga tahun 2023 dan pelaksanaan tahun 2024, dapat bermanfaat bagi kemajuan Provinsi Jambi," papar Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menjelaskan, progress pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, masih terkendala oleh tingginya sedimentasi dan abrasi pantai yang menjadikan dasar pemerintah pusat menunda alokasi program, termasuk didalamnya adalah pembangunan jalan dan jembatan menuju Pelabuhan Ujung Jabung.

"Kita tak henti-hentinya mengusulkan kegiatan ini didanai oleh pemerintah pusat, namun hingga saat ini belum terakomodir dan menjadi perhatian bersama," jelas Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur Al Haris menuturkan, kegiatan prioritas yang salah satunya menghubungkan Kota Sengeti – Tungkal – Sabak (SENTUSA) sebagai hinterland Perkotaan Jambi yang telah ditetapkan sebagai pusat kegiatan nasional dalam RTRW Provinsi Jambi.

"Kota Sengeti ke depan terus dipersiapkan sebagai secondary city (Kota lapis kedua) yang nantinya memiliki peran penting dalam menggerakkan ekonomi daerah. Dengan SENTUSA, akan dipersiapkan outlet-outlet produksi dan distribusi yang nantinya sekaligus mengarahkan kedepan diarahkan pembangunan bandara baru, peningkatan akses ekonomi yang terkoneksi dengan outlet pelabuhan dipesisir timur Provinsi Jambi. Jika ini tereralisasi tentunya meningkatkan minat investor untuk menanamkan investasi yang berdampak pada peningkatan daya saing," tutur Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris juga menyampaikan bahwa bencana banjir dibeberapa wilayah seperti Bungo, Tebo, Kerinci dan Sungai Penuh yang tentunya menjadi evaluasi bersama untuk mendorong percepatan upaya penanggulangannya sekaligus mempersiapkan rencana kerja kedepan bersama instansi terkait sesuai dengan kewenangannya.

"Kedepan, kami mengajak semua meningkatkan sinergi Pemerintah Provinsi Jambi bersama Pemerintah Pusat, Pemerintah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi, dunia usaha, akademisi, masyarakat dan peran media," kata Gubernur Al Haris.

Diakhir sambutannya orang nomor satu di Provinsi Jambi ini berpesan kepada semua yang hadir, berkenaan dengan Pelaksanaan Pemilu 2024.

“Saya berpesan dan mengajak kita semua untuk menciptakan Provinsi Jambi yang mampu memberikan suasana aman, kondusif dan damai. Kita semua tentu berharap Jambi aman, kondusif, Jambi tentram, sehingga proses demokrasi bisa berjalan sebaik-baiknya. Karena kami akhir Desember 2024 akan mengakhiri masa jabatan, tentu tidak mungkin kami bisa memenuhi seluruh harapan masyarakat. Masih banyak kekurangan, keterbatasan anggaran dan keterbatasan waktu jabatan kami yang hanya 3,8 tahun. Siapapun Gubernur Jambi nanti, lanjutkan pembangun Provinsi Jambi ini. Selamat ulang ke-67 Provinsi Jambi, semoga negeri kita semakin maju,” pungkas Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Hadi Tjahjanto mengemukakan, sebanyak 82 persen atau 2,06 juta bidang tanah di Provinsi Jambi telah terdaftar dan tersertifikasi dari target 2,5 juta bidang tanah yang ditetapkan atas total luas provinsi yang mencapai 49.000 km persegi.

"Saat ini 2,06 juta bidang tanah telah tersertifikasi, sisanya 300 ribu bidang tanah lagi, dengan demikian dari target 2,5 juta, sudah 82 persen. Tinggal 18 persen dan pada 2025 target 2,5 juta seluruh bidang di Provinsi Jambi semuanya diharapkan sudah terealisasi dan terdaftar," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Al Haris menerima penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI. Penghargaan dari Baznas RI kepada Gubernur Al Haris ini adalah sebuah penghargaan sebagai Gubernur yang peduli kemanusiaan, diserahkan langsung Ketua Baznas RI Noor Achmad pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Jambi ke-67. Selain itu, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk Pelestina sebesar Rp 3.647.014.808 kepada Ketua Baznas RI Noor Achmad.

Turut hadir pada kesempatan ini Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN RI, Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.). Hadi Tjahjanto, S.IP dan Istri, Jaksa Agung RI, Datuk Sri Paduko Agung Mustiko Alam, Prof. Dr. ST. Burhanuddin, S.H., M.H dan Istri, Menteri Dalam Negeri RI yang diwakili Kepala BSKDN Kemendagri Dr. Yusharto Huntoyo, Anggota DPR dan DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi Jambi, Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung Dr. Febrie Adriansyah SH.M.H, Ketua BAZNAS RI, Bapak Prof. Dr. K.H. Noor Achmad, MA. beserta jajaran, Rektor IPDN, Dr. Drs. Hadi Prabowo. M.M. Irjen TNI Angkatan Darat, Hulubalang Jayo Dilago, Letjen TNI H. Hilman Hadi, S.IP., M.B.A., M.Han, Danpussenkav TNI Angkatan Darat, Hulubalang Pati Negeri, Mayjen Muhammad Zamroni, S.IP, Perwira Sahli Tingkat III Kasad Bidang Jahpers, Hulubalang Batuah Negeri Mayjen TNI Zulkifli, S.I.P., M.M, Perwira Sahli Kasad Tk. III Bidang Komsos, Hulubalang Suko Negeri, Mayjen TNI Supriono, Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan Agung, Sarjono Turin, S.H., M.H, Depati Panglimo Cendikio Negoro, Bapak Laksamana Madya (Purn). Dr. H. Nazali Lempo, S.H., M.H., M.Tr.Opsla., CHRMP, Mantan Oditur Militer TNI, Para Anggota DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Bengkulu, Dubalang Setio Rajo, Bapak Irjen Pol Drs. Armed Wijaya, M.H., Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi dan Kepala BIN Daerah Provinsi Jambi, Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Periode Sebelumnya beserta Istri, atau Keluarga yang mewakili, Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Jambi, Para Rektor dan Pimpinan Perguruan Tinggi Se-Provinsi Jambi, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Dinas, Biro, dan Seluruh Jajaran Pemerintahan Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya.(*)

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Jambi Total Bedah Rumah Warga 559 Unit Selama 2023

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi Jambi melaporkan bahwa realisasi program bedah rumah program 'Dumisake' yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan

Read more

GELAR DZIKIR AKHIR TAHUN, GUBERNUR AL HARIS TUAI PUJIAN

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi Jambi melaksanakan kegiatan Jambi Berdzikir yang merupakan warna baru dalam menyambut pergantian tahun di Bumi Sepu

Read more

Gubernur Al Haris Dorong Pengusaha Percepat Penyelesaian Jalan Khusus Batubara

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH mendorong para pengusaha batubara agar mempercepat penyelesaian jalan khusus batubara dimana

Read more

Ini Nama Calon Anggota KPID Ikut Uji Kelayakan dan Kepatutan di Komisi I DPRD Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Komisi I DPRD Provinsi Jambi akan Melakukan Uji kelayakan dan kepatuhan calon komisioner KPU Provinsi Jambi tahun 2024- 2027. Ketua DP

Read more

Gubernur Al Haris : Hadapi Pemilu, Camat Harus Netral dan Mampu Jaga Daerah Dengan Baik

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH menekankan kepada para Camat menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 agar bisa menjaga d

Read more

Jelang Natal dan Tahun Baru 2024, Wagub Sani Sidak Pasar, Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil dan Stok Aman

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pdi terus memantau dan memastikan harga bahan pokok stabil dan stok aman menyambut Natal

Read more