Rabu1 Mei 2024

Rekomendasi

Gubernur Al Haris Pimpin Rapat Optimalisasi Sungai untuk Angkutan Batu Bara

Gubernur Jambi Al Haris memimpin rapat optimalisasi sungai sebagai jalur angkutan batu bara.
Gubernur Jambi Al Haris memimpin rapat optimalisasi sungai sebagai jalur angkutan batu bara. / Oleh: Diskominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris, Sabtu (13/1) memimpin langsung rapat terkait pengoptimalan Sungai Batanghari sebagai jalur angkutan batu bara menyusul Intruksi Gubernur (Ingub) yang telah ia keluarkan.

Dalam rapat yang digelar di Ruang VIP Rumah Dinas Gubernur Jambi itu tampak hadir Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, perwakilan TNI-Polri, pengusaha dan asosiasi batu bara dan Asisten II Setda Provinsi Jambi, Johansyah.

Dijelaskan GubernurAl Haris, saat ini berdasarkan Ingub yang dikeluarkan, maka pemerintah akan mengoptimalkan penggunaan jalur sungai untuk mengangkut batu bara.

"Saya sengaja mengundang Bapak Ibu siang hari ini untuk mempelajari persoalan kemacetan di Jambi akibat angkutan batu bara. Saya sudah membuat Ingub untuk sementara semua memakai jalur sungai,. Tugas saya yang pertama adalah agar teman-teman pengusaha tambang ini paling tidak membuat jalan hauling nya ke sungai," kata Haris.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan rencana dan strategi untuk gagasan tersebut. "Jambi ini ada waktu kurang lebih 7 bulan kondisi air kita bagus, lumayan bagus bisa tongkang 3.000 ton bisa dilalui. Kemudian mulut tambang ke pelabuhan pun kalau misalnya teman-teman ini punya pelabuhan yang terdekat ini pun lancar. Saya kira tidak butuh waktu selama ini dari Mandiangin, Kotoboyo kalau lagi macet merayap sampai berhari-hari, sampai dua hari di jalan. Nah inilah menimbulkan masalah bagi kita,” kata Haris.

Ia juga mengunkapkan, ada 32 perusahaan tambang yang harus memberikan pasokan kepada PLN, ada 32 perusahaan di Jambi. Oleh karena itu ia berharap semua piham terutama pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) untuk serius agar ada jalan tambang.

"Minimal jalan dari mulut tambangnya ke sungai. Untuk pembangunan jalan ini, kita orientasinya jangka panjang, karena di Jambi ini kita masih punya 3 sampai 4 miliar batu bara dan masih banyak lagi yang belum digali potensinya,” jelas Haris.

Sementara itu, Sekda Provinsi Jambi, Sudirman menyatakan, ada dua hal penting yang dibahas dalam rapat yaitu pembangunan jalan khusus batu bara dan optimalisasi penggunaan pengangkutan batu bara melalui jalur sungai.

“Ketika batu bara ini mengalami kemacetan maka kita harus mendorong dua hal yang harus terealisasi yaitu jalan khusus batubara dan optimalisasi jalur sungai. Nah, untuk sampai pada tahap optimalisasi jalur sungai itu, hal-hal teknis harus dibicarakan, itu kita memperoleh informasi dari lima perusahaan yang selama ini telah menggunakan jalur sungai, kita minta komitmennya membantu pemerintah untuk menampung dari angkutan batu bara yang akan lewat ke situ dan terusannya akan menuju sungai. Alhamdulilah komitmen dari perusahaan tersebut bersedia,” kata Sudirman.

Selain itu katanya, jalan khusus batu bara harus terus diperjuangkan, karena itu adalah salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan angkutan batu bara di jalan umum.

"Tiga perusahaan yang membangun jalan khusus ini ketika ada masalah maka pemerintah turun. PT. SAS yang diberi mandat untuk membangun jalan khusus batu bara ada masalah, Pemprov juga turun, PT. Putra Bulian menghadapi masalah terkait dengan tanah-tanah yang tidak mau dibebaskan lahannya yang menjadi jalur khusus batu baranya kita juga turun, PT. Inti Tirta juga begitu. Ketika menghadapi masalah Pemprov juga turun. Komitmen untuk membangun jalan khusus batu bara ini bukan hanya komitmen pemerintah saja tetapi pemegang IUP, para pengusaha tersebut memiliki komitmen yang sama untuk segera merealisasikannya,” tegasnya.

"Rapat hari ini merumuskan masalah teknisnya untuk mencari formula-formula penyelesaiannya, bagaimana jika menggunakan jalan khusus, bagaimana komitmennya. Kemudian kesepakatannya antara pemilik pelabuhan itu dengan pemegang IUP bagaimana, itu nanti dibicarakan,” tambah Sudirman.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Gubernur Jambi Al Haris Terima Penghargaan R. Soeprapto Award Tahun 2024

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH kembali mendapatkan penghargaan, kali ini penghargaan tersebut diterima Gubernur Al Haris d

Read more

Wagub Sani : Provinsi Jambi Terus Alami Kemajuan

AKSATANEWS.COM- Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengemukakan bahwa Provinsi Jambi terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun. Hal

Read more

Gubernur Al Haris Sapa Pemerintah Desa Penerima Bantuan Internet Desa

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH menyapa pemerintah desa penerima bantuan Internet Desa program dumisake tahun 2023. Hal ters

Read more

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Gubernur Al Haris Tanda Tangani MoU dengan Poltekkes Kemenkes Jambi

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris,S.Sos,MH menandatangani Kesepakatan Bersama (MoU) dengan Poltekkes Kemenkes Jambi tentang Penyelenggar

Read more

Gubernur Al Haris Telah Salurkan Dumisake Pendidikan ke 11 Kabupaten dan Kota di Jambi

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris sudah menyerahkan semua bantuan pendidikan program Dumisake ke semua siswa SMA, SMK dan SLB penerima di 11 Kabu

Read more

Al Haris Terima Penghargaan dari Ombudsman. Jambi Masuk 10 Besar Nasional

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi Jambi berhasil meraih Predikat Kepatuhan Tinggi Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Tahun 2023 dari Ombuds

Read more