Jumat20 September 2024

Rekomendasi

Gubernur Al Haris Serahkan Dokumen Lingkungan Mega Proyek Bendungan Merangin

Illustrasi / Oleh: Diskominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan dokumen lingkungan untuk proses pembangunan mega proyek bendungan Merangin. Dokumen lingkungan proyek nasional ini diserahkan Gubernur Jambi Al Haris kepada Balai Wilayah Sungai VI Jambi, Selasa (20/06/2023) tadi malam.

Penyerahan Dokumen lingkungan ini, Gubernur Al Haris di dampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jambi, Varial Adhi Putra. Plh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Jambi, Johansyah.

 

Gubernur Al Haris mengatakan selain dokumen lingkungan bendungan Merangin, ia juga menyerahkan dokumen lingkungan jalan khusus batubara kepada PT Putra Bulian Properti.

“Jadi tadi telah saya serahkan dokumen lingkungan bendungan Merangin dan dokumen lingkungan pembangunan jalan khusus batubara,” kata Al Haris, Rabu (21/06/2023).

“Selesai dokumen lingkungan selanjutnya kita tunjuk penloknya, SK Gubernur penetapan lokasi, baru berikutnya mudah untuk pembebasan lahan di bawah, ini untuk proses percepatan pembangunan,” tambah Al Haris lagi.

Mega proyek bendungan Merangin dengan anggaran Rp 6,3 triliun, akan dibangun di wilayah kecamatan Renah Pembarap, Kabupaten Merangin.

Bendungan rencananya dibangun dengan panjang bendungan 335 meter, lebar bendungan 15 meter, tinggi bendungan 94 meter, elevasi puncak bendungan 229 meter, elevasi mercu pelimpah/spillway 220.0 meter.

Bendungan ini akan bermanfaat pengairan irigasi persawahan seluas 12.000 hektar atau besaran air sebanyak 25,75 meter kubik perdetik. Selain itu untuk pengendali banjir 583,5 meter kubik perdetik.

Manfaat lainnya, sumber air baku dua meter kubik perdetik dan untuk pembangkit listrik berkekuatan hydropower sebesar 90 – 107.45 MW. Selain itu tentunya bendungan tersebut, juga sebagai lokasi wisata. (*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Diserahkan Gubernur Al Haris. Pemprov Jambi Anggarkan Rp 7,2 M Bantuan Keuangan untuk Kecamatan

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi Jambi menganggarkan Rp 7,2 miliar bantuan keuangan khusus untuk 144 Kecamatan di Provinsi Jambi. Bantuan keuangan k

Read more

Gubernur Al Haris Serahkan Dokumen Lingkungan Jalan Khusus Batubara

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan dokumen lingkungan jalan khusus batubara kepada PT Putra Bulian Properti, Selasa (20/06/2023) malam

Read more

Wagub Abdullah Sani Hadiri Pengajian Akbar di Ponpes Amanatul Ummah Rimbo Bujang

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menghadiri Pengajian Akbar dalam rangka tasyakuran purnasiswa RA, MIS, MTS, SMK Bina Bangsa di Pondo

Read more

Hari Kartini dan HUT Dekranas Provinsi Jambi 2023, Al Haris: Terima Kasih Atas Semua Peran dan Kontribusi

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri peringatan Hari Kartini ke-145 dan HUT Dekranas ke-43 Provinsi Jambi 2023 yang berlangsung di Mauli

Read more

Al Haris Hadiri Perayaan Waisak Umat Budha Jambi di Candi Kedaton

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri perayaan Waisak Umat Buddha Jambi di Candi Kedaton, kawasan Candi Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jamb

Read more

Program Dumisake Antar Al Haris Raih Penghargaan Satyalencana Wirakarya dari Presiden

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris terima penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI. Penghargaan tertinggi dibidang pertanian ini dite

Read more