Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

Gubernur Minta Pengusaha di Jambi Perhatikan Hak-hak Buruh

Gubernur Jambi Al Haris menghadiri peringatan May Day Tingkat Provinsi Jambi, Rabu (29/5)
Gubernur Jambi Al Haris menghadiri peringatan May Day Tingkat Provinsi Jambi, Rabu (29/5)

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris minta agar pengusaha selalu memperhatikan hak-hak buruh/pekerja, seperti upah yang layak, jam kerja yang wajar, jaminan kesehatan serta keselamatan kerja dan kenyamanan kerjanya.

Hal tersebut disampaikan Haris saat menghadiri Peringatan Hari Buruh atau May Day tingkat Provinsi Jambi dan Rakerwil yang digelar Serikat Buruh Mandiri Indonesia (SBMI) Provinsi Jambi di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Baru Jambi, Rabu (29/5).

Haris mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen meningkatkan kesejahteraan pekerja dan berupaya menciptakan iklim kondusif bagi dunia usaha dan ketenagakerjaan.

"Upah Minimum Regional (UMR) dan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) semakin hari semakin baik. Pemerintah Provinsi Jambi selalu mengingatkan para pengusaha agar buruh-buruh yang ada di Jambi tolong dilindungi, berikan kesejahtaraan, hak-haknya jangan dikurangi. Berikanlah sesuai ketentuan yang berlaku, karena mereka sudah berkerja sangat luar biasa," kata Haris.

Haris juga mengapresiasi para pekerja terutama mak-mak gaul yang berjuang membantu mencari nafkah untuk keluarga. Selain itu Haris juga berharap buruh mendapat perhatian dari perusahaan tempat dimana mereka bekerja.

"Saya sangat mengapresiasi para pekerja mak-mak gaul yang berjuang membantu mencari nafkah keluarga berjuang untuk kehidupannya, bagi perusahaan tolong perhatikan hak-hak mereka, pemerintah daerah akan selalu melindunginya," ujar Haris.

Para pekerja/buruh lanjut Haris, berperan penting dan berdampak luas dalam kemajuan industri Indonesia, berkontribusi pada inovasi, efisiensi dan kualitas yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Juga SBMI, khususnya DPD SBMI Provinsi Jambi, selaku organisasi persatuan para pekerja/buruh Indonesia yang membantu meningkatkan kesejahteraan dan memperjuangkan hak buruh secara luas," jelas Haris.

Di samping itu, Haris menjelaskan Pemerintah Provinsi Jambi mendorong dunia usaha dan dunia industri untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergisitas dengan pemangku kepentingan dan pihak terkait dalam rangka mendukung para pekerja/buruh untuk meningkatkan kompetensinya, mempersiapkan pekerja/buruh Provinsi Jambi yang berdaya saing.

Haris juga berharap para pekerja/buruh Provinsi Jambi agar senantiasa semangat menata masa depannya, ikut terlibat dalam perkembangan dan kemajuan ketenagakerjaan Provinsi Jambi dan Indonesia, senantiasa mengasah diri, meningkatkan kapasitas diri sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan kebutuhan dan kemajuan dunia usaha dunia industri.

“Saya berharap seluruh pekerja/buruh Provinsi Jambi terus solid dan bersatu dalam memperjuangkan hak sekaligus meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, menjadi tenaga kerja Provinsi Jambi dan Indonesia yang memiliki keahlian mumpuni dan berdaya saing," ujarnya.

Sementara itu, Ketua SBMI Provinsi Jambi, Gonner Gultom mengatakan, memperingati hari buruh bertujuan bersama-sama bagaimana menyejahterakan buruh, pekerja dan petani Provinsi Jambi.

Pada Peringatan May Day Tingkat Provinsi Jambi dan Rakerwil SBMI ini dihadiri 1.000 peserta dari 11 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi, selain itu para buruh juga siap mendukung program kerja Pemerintah Provinsi Jambi.(*)

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Gubernur Jambi Serukan Eks JAS dan Napiter Satukan Visi Cinta NKRI

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris mengajak eks Jamaah Ansharu Syari’ah (JAS) dan eks Napi Teroris (Napiter) untuk bersatu berbenah diri, sa

Read more

Gubernur Jambi Beri Hadiah Umroh Gratis Untuk Tiga Hafiz 30 Juz, Termasuk Guru

AKSATANEWS.COM-Gubernur JambiĀ Al Haris memberikan hadiah umroh gratis kepada tiga siswa Sekolah Islam Terpadu (SIT) Nurul Ilmi Jambi yang berhasil me

Read more

Gubernur Al Haris : Terima Kasih Masyarakat Jambi Yang Turut Berkontribusi Dalam Pembangunan

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH mengucapkan terima kasih kepada masyarakat di Provinsi Jambi yang turut memberikan peran yang

Read more

Gubernur Al Haris : Satu Hari Bersama Jambi Ajang Perkenalkan Unggulan Jambi di Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH., mengatakan, Pamaren Satu Hari Bersama Jambi merupakan ajang untuk memperkenalkan unggulan

Read more

Gubernur Al Haris Dampingi Pangdam Sriwijaya Tanam Mangrove Serentak

AKSATANEWS.COM- Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mendampingi Pangdam Kodam II Sriwijaya MAYJEN TNI HILMAN HADI, S.I.P., M.B.A., M.Han., dala

Read more

Wagub Sani Harap Penandatanganan Kerja Sama Jadi Pedoman Pelaksanaan Pemilu Di Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM- Wakil Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I mengharapkan, penandatanganan kerja sama menjadi pendoman dalam pelaksanaan pemilih

Read more