Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

KPK: Pungutan Angkutan Batu Bara Jambi Bisa Tembus Rp150 Miliar

Direktur Antikorupsi Badan Usaha KPK Aminuddin
Direktur Antikorupsi Badan Usaha KPK Aminuddin

AKSATANEWS.COM-Tak main-main, KPK menghitung potensi pungutan angkutan truk batu bara di Jambi dalam satu tahun bisa mencapai Rp150 Miliar.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan sebenarnya masih terdapat 4 kendala dan titik rawan korupsi sektor pertambangan batu bara di Jambi.

Hal itu diungkapkan Direktur Antikorupsi Badan Usaha KPK Aminuddin saat diskusi media Urgensi Pencegahan Korupsi dan Perbaikan Tata Kelola Dunia Usaha Pertambangan Batubara di Provinsi Jambi, pada Rabu (13/9) di ruang pola kantor Gubernur Jambi.

Aminuddin memaparkan kendala dan titik rawan pertama, yakni pemberlakuan nomor lambung truk angkutan batubara akibat belum adanya jalan khusus batubara menimbulkan celah negosiasi.

Kemudian, kedua terjadinya penarikan retribusi terminal oleh oknum pemkab/kota pada truk angkutan batubara yang tidak masuk terminal.

"Selanjutnya ketiga, adanya pengenaan perusahaan pemegang IUP, dengan potensi pengenaan biaya yang timbul dalam satu tahun dapat mencapai Rp880 juta," papar Aminuddin kepada awak media.

Kemudian poin keempat yang diungkapkannya, yakni adanya pungutan sebesar tarif tertentu atau trip kepada truk angkutan batu bara yang melalui jalan umum.

"Dengan potensi pungutan yang terjadi dalam satu tahun dapat mencapai Rp150 Miliar," katanya.

"Angka itu kami temukan ketika berdiskusi dengan para Asosiasi, dan angkanya masih bisa di chalenge karena itu hanya gambaran umum," sebutnya.

Aminuddin menjelaskan potensi pungutan itu merupakan sinyalemen. Tetapi intinya pihaknya ke daerah ingin memperbaiki tata kelola batubara di Jambi untuk memaksimalkan kekayaan alamnya.

"Bagaimana Jambi kaya dengan tambang, bisa dinikmati dan dirasakan masyarakat Jambi sendiri. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan dan hanya segelintir yag diuntungkan, ini semangat perbaikan," katanya.

Untuk itu sebagai salah satu solusi, pihak KPK menyarankan agar jalan khusus batu bara segera diselesaikan.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Sekda Sudirman Tegaskan Komitmen Pemerintah Perbaiki Tata Kelola Pertambangan Batubara

AKSATANEWS.COM-Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Sudirman, SH, MH menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Jambi untuk memperbaiki tata kelola pertam

Read more

Rombongan Roadshow Bus KPK Tiba di Lapangan Depan Kantor Gubernur Jambi

AKSATANEWS.COM-Rombongan Roadshow Bus KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) RI Tahun 2023 Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi tiba di Lapangan Depan Kanto

Read more

Jenderal Dudung Puji Al Haris Bersama Satgas Kompak Mengatasi Karhutla di Jambi

AKSATANEWS.COM-Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman turut langsung memadamkan kebakaran lahan di Jambi, Kamis (07/09/202

Read more

Bersama Kasad Jenderal Dudung, Al Haris Pantau Hotspot Melalui Jalur Udara

AKSATANEWS.COM-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melakukan pemantauan langsung titik panas atau hotspot dalam kunjung

Read more

Wagub Sani Dukung Kebijakan Hiswana Migas Untuk Kesejahteraan Masyarakat

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur Jambi Drs. Abdullah Sani, MPd.I membuka Rapat Kerja Cabang Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Wiraswasta Nasional Miny

Read more

Pemkot Jambi Beri Bantuan UMKM Percepat Penurunan Angka Kemiskinan Ekstrem

AKSATANEWS.COM-Pemkot Jambi melakukan akselerasi untuk mereduksi jumlah angka kemiskinan ekstrem di Kota Jambi yang saat ini berada diangka 6.910 kelu

Read more