Minggu14 Juli 2024

Rekomendasi

Mendagri Tito Karnavian Puji Keberhasilan Gubernur Al Haris Kendalikan Inflasi di Provinsi Jambi

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang dihadiri Wakil Gubernur Abdullah Sani  melalui zoom meeting, Senin (04/09/2023).
Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang dihadiri Wakil Gubernur Abdullah Sani melalui zoom meeting, Senin (04/09/2023). / Oleh: Diskominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) Muhammad Tito Karnavian puji keberhasilan Gubernur Al Haris kendalikan inflasi di Provinsi Jambi.

Hal itu disampaikan langsung Kemendagri, Tito Karnavian pada rapat Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 yang dihadiri Wakil Gubernur Abdullah Sani  melalui zoom meeting, Senin (04/09/2023).

Mendagri RI Tito Karnavian mengemukan, saat ini yang jauh menurun mengalami kondisi inflasi dengan angka yang rendah adalah Provinsi Jambi. “Saya ucapkan selamat kepada Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH yang berhasil menekan angka inflasi Provinsi Jambi paling rendah secara Nasional yaitu 1,29 persen, terendah di seluruh Indonesia dan kabupaten/kota di Jambi rata-rata jauh turun, kemudian disusul Provinsi Gorontalo,” ungkap Mendagri.

“Kemudian untuk kabupaten juga ada di Jambi dan itu sangat bagus sekali dengan angka 1,93 persen di Kabupaten Bungo. Lalu untuk Kota juga masih berada di Jambi, terimakasih kepada Walikota karena telah menjaga di angka 1,92 persen. Satu provinsi, kota, dan kabupaten yang menjadi terbaik semua berasal dari Jambi,” tambah Mendagri.

Pada kesempatan ini Mendagri RI juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo kepada seluruh Kepala Daerah Gubernur, Bupati/Walikota dan Tim TPID di masing-masing daerah, karena Pemerintah Pusat dan daerah berhasil mengendalikan inflasi di daerah masing-masing dari angka 4 persen ke 3,52 persen selama periode Mei dan Juli 2023.

“Memang ada beberapa komoditas mengalami kenaikan, tapi masih dapat dikendalikan, tapi kita harus tetap waspada. Ucapan terima kasih kepada seluruh tim dan kepala daerah,” pesan Presiden RI melalui Mendagri.

Di sisi lain, lanjut Mendagri, saat ini semua negara termasuk Indonesia sedang mewaspadai dampak dari El Nino. Pasalnya, fenomena ini dapat menyebabkan kekeringan, sehingga dikhawatirkan menjadi salah satu pemicu gagal panen di seluruh wilayah Indonesia.

Usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2023 Wagub Sani menjelaskan, Alhamdulillah berkat kerja sama semua tim dan pihak Pemerintah Provinsi Jambi bisa mengendalikan inflasi menjadi 1,29 persen.

“Ini semua hasil kerja sama tim dan semua setholder, sudah berkerja sesuai petunjuk dan arahan pusat, tetapi kita tetap waspada dengan langkah-langkah cepat dan tepat. Kita selalu mengadakan rapat koordinasi bersama Penguatan Koordinasi, melalui HLM (High Level Meeting) TPID Provinsi Jambi dan HLM kabupaten/kota,” ujar Wagub Sani.

Wagub Sani juga menuturkan, selain itu Pemerintah Provinsi Jambi selalu mendengarkan dan memantau arahan Presiden dan Mendagri tentang pengendalian inflasi. “Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk ditindaklanjuti di provinsi, juga di kabupaten/kota, konsisten mengendalikan inflasi sesuai dengan arahan Bapak Presiden,” pungkas Wagub Sani. (*)

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Festival Pangkalan Jambu Tahun 2023 Dipadati Ribuan Warga

AKSATANEWS.COM-Malam puncak Festival Pangkalan Jambu dengan tema "Blek Gedang Anak Negeri" berlangsung meriah di Desa Tiga Alur Kecamatan Pangkalan Ja

Read more

Wagub Sani Lepas Kontingen Musabaqah Qiraatil Kutub Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Wakil Gubernur Jambi, Drs.H.Abdullah Sani,M.Pd.I melepas Kontingen Musabaqah Qiraatil Kutub Tingkat Nasional (MQKN) Provinsi Jambi bert

Read more

Gubernur Al Haris : Capaian Pendapatan Pemprov Jambi Tahun 2022 Melebihi Target

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH menyampaikan bahwa capaian Pendapatan Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2022 melebihi tar

Read more

Gubernur Al Haris Lepas Dua Paskibraka Jambi ke Tingkat Nasional

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris melepas keberangkatan dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Provinsi Jambi untuk bertug

Read more

Al Haris Akan Launching Adat Melayu Jambi jadi Pelajaran Mulok di Sekolah

AKSATANEWS.COM-embaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Jambi telah menyusun buku daras adat melayu Jambi yang akan menjadi panduan mata pelajaran muatan lok

Read more

Gubernur Al Haris Turun ke Lokasi Kebakaran Legok. Serahkan Bantuan Pada Korban

AKSATANEWS.COM-Pasca kebakaran 33 rumah di Kampung Legok Kelurahan Legok, Kota Jambi, Kamis (27/07/2023) pagi, Gubernur Al Haris langsung meninjau lok

Read more