Senin29 April 2024

Rekomendasi

Dewan Elpisina Sebut Soal Angkutan Batubara di Jambi Sudah Salah Konsep Sejak Awal

Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi PKB Elpisina
Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi PKB Elpisina

AKSATANEWS.COM-Beberapa insiden jalur sungai dari tongkang batubara mulai marak terjadi, anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi PKB Elpisina nilai persoalan batubara terjadi kesalahan konsep di awal, Senin (5/2/2024)

Menurut Elpisina, Sungai Batanghari memiliki tingkat kedalaman yang cukup terbatas ini tentu tidak sembarang kapal atau tongkang dapat bisa melintas.

Untuk memahami kondisi dan situasi itu di lapangan, selain teknologi mungkin juga peran pemandu senior juga diperlukan. Selain berpengalaman juga mereka lebih menguasai medan.

“Seperti dikawasan Penyegat Jambi Seberang masih banyak ABK lama atau senior yang menguasai medan, jasa mereka sebenarnya bisa dipakai, “ ujarnya.

“Permasalahnnya sekarang itu, banyak juragan kapal atau pemilik tongkang yang tidak paham dengan jalur Sungai Batanghari tadi, main terabas, “ sambungnya.

Dengan kondisi seperti ini, tidak menutup kemungkinan konflik serupa teekait angkutan batubara juga akan kembali terjadi di jalur sungai. Jika semuanya tidak diatur dengan bagus.

“Sebenarnya persoalan batubara ini merupakan permasalahan sejak awal, ada kesalahan sejak awal terkait IUP batubara di Jambi. Yang seharusnya dapat dievaluasi seblum izin tersebut dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat, “ jelasnya.

Berbicara batubara di Jambi ini jika dibandingkan dengan Kalimantan, sebesar apa perbandingannya.

Jauh dari separuhnya namun di Kalimantan justru lebih tertib. Karena para pengusahanya taat terkait jalur khusus yang dibangun sejak awal sebelum izin keluar.

“Memamng kewenangan izin IUP itu ada di pusat, namun sebelum izin itu keluar alangkah baiknya ada koordinasi dengan Pemerintah daerah (pemilik wilayah). Jangan main klop di atas meja saja, “ tandasnya.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

DPRD Provinsi Jambi Sarankan Gunakan Dana Talangan untuk Solusi Trans Siginjai

AKSATANEWS.COM-Komisi III DPRD Provinsi Jambi menawarkan beberapa solusi agar transportasi bus Trans Siginjai. Satu di antaranya melalui dana talangan

Read more

Hari Pers Nasional, Edi Purwanto: Terus Kawal Demokrasi dan Jaga Integritas Jurnalis

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengucapkan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024 kepada seluruh insan pers. Edi Pur

Read more

Ketua DPRD Jambi Jadi Pembicara di Rakorwil Dema PTKIN se Indonesia Wilayah Sumatera 1

AKSATANEWS.COM- Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengenang diri sebagai seorang Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Nege

Read more

Ketua DPRD Jambi Hadiri Peresmian Masjid Raya Baiturahim Dusun Bangka Keloyang

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menghadiri peresmian Masjid Raya Baiturahim di Dusun Bangka Keloyang, Kecamatan Pelepat, Kabupa

Read more

Anggota DPRD Provinsi Jambi Sebut Banjir Pengaruhi Ekonomi Rumah Tangga

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi dapil kota Jambi Budi Yako mengatakan terkait banjir masyarakat sudah siap mengantisipasi banjir tersebut,

Read more

Anggota DPRD Provinsi Jambi Sebut Batu Bara Beri Devisa 60 Persen ke Indonesia

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi Kemas Alfarabi sebut negara Indonesia merupakan negara berkembang dan masih tergantung dengan ekspor sumber

Read more