Senin22 April 2024

Rekomendasi

Gubernur Al Haris Hadiri Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di Sungai Penuh

Gubernur Jambi Al Haris menutup kompetensi peradilan semu tingkat nasional di Sungai Penuh.
Gubernur Jambi Al Haris menutup kompetensi peradilan semu tingkat nasional di Sungai Penuh. / Oleh: Diskominfo Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris menghadiri kompetensi peradilan semu tingkat nasional fakultas syari’ah dan hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang diselenggarkan di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci, di Grand Hotel Kerinci, Sungaipenuh, Jumat (29/09/2023).

Lomba atau event terkait peradilan semu yang biasa disebut Kompetisi Peradilan Semu atau Moot Court Competition (MCC) yang merupakan kompetisi tertinggi dan paling bergengsi bagi mahasiswa Fakultas Hukum di seluruh Indonesia saat ini. Peradilan semu adalah simulasi dari proses peradilan yang sebenarnya.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bangga dengan IAIN Kerinci menjadi tuan rumah lomba peradilan semu tingkat nasional PTKIN se-Indonesia.

Al Haris mengatakan acara tersebut sangat penting untuk mengasah kemampuan mahasiswa fakultas hukum belajar bagaimana menciptakan sebuah peradilan yang bersih.

“Patia dan tim penilai saya terima kasih banyak karena ini jarang, padahal ini termasuk proses pembelajaran bagi anak-anak kita. Saya bangga sekali karena sejak jadi Gubernur baru kali ini ada praktek peradilan semu (Di Jambi) dan itu diselenggarakan di IAIN Kerinci,” kata Al Haris.

“Acara ini bagaimana anak kita belajar menciptakan sebuah peradilan yang bersih. Bahwa Indonesia butuh anak muda yang mengerti hukum dan berintegritas. Jika nanti sudah kuliah tolong dibawa ke praktek yang sebenarnya,” tambah Al Haris lagi.

Al Haris berharap dengan adanya lomba simulasi proses peradilan itu dapat ditanamkan di hati dan dipraktekkan saat bekerja nanti.

“Kita berharap bahwa praktek yang dilakukan disini mudahan ditanamkan dihatinya, saat kerja nanti itu sudah diterapkan. Saya bangga sekali dengan kegiatan ini, semoga melahirkan anak muda yang berintegritas yang siap menjadi intelektual hukum sebenarnya,” sebut Al Haris.

Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di IAIN Kerinci ini diikuti 10 IAIN dari berbagai PTKIN di Indonesia dan berlangsung dari 25 sampai 29 September 2023.

10 PTKIN yang mengikuti Kompetensi Peradilan Semu Tingkat Nasional di IAIN Kerinci yakni;

1. UIN KH Achmad Sidiq Jember
2. UIN Raden Fatah Palembang
3. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
4. UIN Raden Intan Lampung
5. IAIN Metro Lampung
6. IAIN Kediri
7. UIN Prof KH Saifuddin Zuhri Purwokerto
8. IAIN Ponorogo
9. UIN Muhammad Yunus Batusangkar
10. UIN Ar-Raniry Banda Aceh

 

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Bayar Rp 3 M, Donald Trump Cuma Mendekam 20 Menit di Tahanan

AKSATANEWS.COM-Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (24/8) menyerahkan diri kepada pihak berwajib di Fulton County di Negara Bagian

Read more

Al Haris Jalan Kaki Bersama Jusuf Kalla Hadiri Resepsi Puncak Satu Abad NU

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Al Haris harus rela berjalan kaki demi menghadiri kegiatan Resepsi Puncak Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang berlangsu

Read more