Senin13 Mei 2024

Rekomendasi

Hadiri Puncak Hari Koperasi Nasional ke 76, Faizal Riza: SDM Koperasi Perlu Ditingkatkan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza menghadiri hari puncak peringatan koperasi nasional ke 76 di Kantor Dinas koperasi Provinsi Jambi.
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza menghadiri hari puncak peringatan koperasi nasional ke 76 di Kantor Dinas koperasi Provinsi Jambi. / Oleh: Humas DPRD Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza menghadiri hari puncak peringatan koperasi nasional ke 76 yang dilaksanakan di Kantor Dinas koperasi Provinsi Jambi, Kamis (24/8/2023).

Faizal Riza menyebut, seharusnya puncak hari koperasi nasional maupun daerah awalnya direncakan pada 12 Juli lalu. Namun dengan banyak kegiatan dan koperasi daerah Jambi baru bisa dilaksanakan pada hari ini.

"Alhamdulillah acara ini sempat dihadiri juga pak Gubernur Jambi ditengah kesibukannya, meskipun hadir hanya sebentar, ini sebuah penghargaan bagi kami pengurus koperasi wilayah Jambi," kata Faizal Riza.

Sebagai Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Jambi Faizal Riza juga menyebut sebenarnya koperasi di Jambi sudah berkembang. Namun pengembangan sumber manusia nya perlu ditingkatkan.

Berdasarkan data bahwa ada 4.097 koperasi di Jambi dan 2.000 lebih tidak aktif, sementara yang aktif kisaran 1.800 dari jumlah koperasi aktif masih dibawah 50 persen.

"Kami sudah pernah mencoba mendapatkan koperasi yang tidak aktif ini, koperasi yang tidak aktif ini tidak melaksanakan rapat anggota tahunan sampai masa tahun yang berjalan," ujarnya.

Ia juga menyebut dari banyaknya 4.097 koperasi di Jambi, ada yang tidak aktif kami berpandangan, koperasi itu didirikan karena ada tujuan misalnya untuk mendapatkan proyek, pengadaan-pengadaan.

Oleh karena itu, upayanya untuk koperasi yang ingin mendapatkan bantuan dari sudah diusulkan salah satu program Dekopinwil bisa maksimal bantuan yang diperoleh para koperasi, minimal koperasi yang mendapatkan bantuan itu minimal berdiri 3-5 tahun.

"Sehingga tidak ada koperasi dadakan, yang tujuan nya hanya ingin mendapatkan proyek dan pengadaan saja, Kami mau yang mendapatkan bantuan itu koperasi yang mendapatkan rekomendasi dari Dinas Koperasi Provinsi dan Kabupaten dan juga dari Dekopinwil Jambi, Tujuan nya bantuan yang telah diberikan tepat sasaran tepat guna berdampak maksimal kepada masyarakat dan koperasi yang menerima bantuan tersebut," kata Faizal Riza.(*)

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Soal Ranperda Perlindungan Masyarakat Hukum Adat, Pansus IV DPRD Jambi Stuba ke DPRD Kalsel

AKSATANEWS.COM-Anggota Pansus IV DPRD Provinsi Jambi melaksanakan studi banding ke DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (24/8/2023).

Read more

Ketua DPRD Jambi Hadiri Pemberian Remisi Narapidana di Lapas Kelas IIA Jambi

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menghadiri kegiatan pemberian remisi umum bagi narapidana dan anak binaan dalam rangka hari kem

Read more

Ketua DPRD Jambi Terima Audiensi Masyarakat Pematang Bedaro Soal Konflik Lahan

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima audiensi perwakilan masyarakat dari Pematang Bedaro, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten M

Read more

HUT RI ke 78, Ketua DPRD Edi Purwanto Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memaknai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia

Read more

Ketua DPRD Jambi Bacakan Teks Proklamasi di Upacara HUT RI Ke-78

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto kembali dipercaya untuk membacakan teks Proklamasi dalam upacara peringatan hari ulang tahun HU

Read more

Dampingi Menteri ATR BPN, Edi Purwanto: Komitmen Kita Konflik Lahan Segera Terselesaikan

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyambut kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

Read more