Sabtu11 Mei 2024

Rekomendasi

Kapolda Baru Harus Benahi Internal

Irjen Rusdi Hartono saat dilantik sebagai Kapolda Jambi, Selasa (18/10/2022).
Irjen Rusdi Hartono saat dilantik sebagai Kapolda Jambi, Selasa (18/10/2022).

Irjen Rusdi Hartono Resmi Jabat Kapolda Jambi

AKSATANEWS.COM-  Irjen Pol Rusdi Hartono resmi menjabat Kapolda Jambi setelah dilantik oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Selasa (18/10/2022). Harapan besar kini ditopangkan ke pundak Rusdi yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Polri.

Rusdi dilantik sebagai Kapolda Jambi menggantikan Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang diangkat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Salah satu tugas berat yang harus diemban Rusdi adalah pembenahan di internal Polda Jambi.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi Dr Usman SH MH menilai, pembenahan internal harus menjadi prioritas Irjen Rusdi Hartono sebagai Kapolda Jambi yang baru.

Menurut Usman, banyaknya kasus-kasus besar yang terungkap melibatkan anggota Polri harus menjadi perhatian pimpinan Polri hingga ke daerah.

“Tidak tertutup kemungkinan kasus-kasus serupa juga ada di Jambi, tapi tidak terungkap. Jadi, pembenahan internal harus jadi prioritas,” kata Usman, Selasa (18/10/2022).

Selain itu, menurut Usman, ketertiban dan keamanan juga perlu ditingkatkan. Apalagi dalam beberapa waktu belakangan ini, khususnya di Kota Jambi marak aksi begal dan geng motor yang meresahkan masyarakat.

Permasalan lalu lintas juga harus menjadi prioritas Kapolda yang baru. “Belum lagi persoalan angkutan batubara yang sudah banyak memakan korban jiwa,” ujarnya.

Dalam catatan Metro Jambi, Provinsi Jambi adalah jalur peredaran narkoba dari Riau dan Sumatera Barat selain jalur penyelundupan tujuan Malaysia dan Singapura. Aksi pertambangan emas ilegal dan pengeboran minyak tanpa izin juga marak.

Usman menyarankan Kapolda harus memiliki tim yang solid guna menyukseskan agenda kegiatan Polri ke depan. Polda, lanjut dia, bisa bekerja sama dan merangkul semua pihak dan membuka diri.

“Kalau Polri terbuka, tentu masyarakat tidak akan takut melapor atau menjadi saksi,” tandasnya.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto mengatakan, Irjen Rusdi Hartono dijadwalkan tiba di Jambi pada Rabu (19/10/2022). “Akan ada penjemputan oleh Forkopimda, lalu penyambutan di Mapolda Jambi,” kata Mulia.

Sebelum ke Jambi, dari posisi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri, Irjen Rusdi sudah ditunjuk sebagai Kapolda Sumatera Barat menggantikan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra.

Namun, surat telegram penunjukan Irjen Rusdi sebagai Kapolda Sumbar direvisi menyusul ditahannya Irjen Teddy Minahasa. Padahal, bersamaan dengan Rusdi, Teddy telah ditunjuk menjadi Kapolda Jawa Timur.

Rusdi akhirnya ditunjuk sebagai Kapolda Jambi yang baru. Jenderal bintang dua kelahiran 27 April 1969 itu berpengalaman di bidang lalu lintas. Alumni Akpol 1991 itu pernah menjabat Kapolres Garut dan Kapolres Cimahi sebelum menjabat Wadirlantas Polda Riau.

Dia pernah menjabat Dirlantas Polda Kepulauan Riau dan Dirlantas Polda Jawa Barat. Rusdi juga pernah menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Regident Korlantas Polri, Kapolrestabes Makassar dan Karo Penmas Divhumas Polri.(*)

Editor: Anton

Sumber: Metrojambi.com




Komentar Facebook


Berita Terkait

Pemprov dan Polda Jambi Batasi Hanya 3.500 Angkutan Batubara Beroperasi Setiap Hari

AKSATANEWS.COM-Mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan raya, Pemerintah Provinsi Jambi bersama Polda Jambi akan melakukan pembatasan operasional

Read more

BREAKING NEWS! Kapolda Jambi Dimutasi

AKSATANEWS.COM-Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengeluarkan Surat Telegram tentang mutasi beberapa jenderal di jajarannya. Salah satuny

Read more

Kapolda Siap Hadiri Pelantikan Pengurus SMSI Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM- Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi menyambangi Polda Jambi, Senin (10/10/2022). Kedatangan Pengurus SMSI Jam

Read more

Tekan Inflasi, Al Haris Minta ASN Beli Beras Lokal

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi Al Haris meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Provinsi Jambi membeli beras lokal, bukan beras dari luar daerah

Read more

Mantan Kajati Jambi Johanis Tanak Terpilih Menjadi Pimpinan KPK

AKSATANEWS.COM-Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi Johanis Tanak terpilih menjadi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2022-2023. Joh

Read more

Pemerintah Jambi siapkan langkah strategis angkutan batubara

AKSATANEWS.COM-Pemerintah Provinsi Jambi telah menyiapkan beberapa alternatif terkait pengangkutan batubara di Provinsi Jambi yang selama ini menjadi

Read more