Sabtu18 Mei 2024

Rekomendasi

Komisi I DPRD Provinsi Jambi Konsultasi ke KPU RI Terkait Pendidikan Politik Jelang Pemilu 2024

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (21/3/2023).
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

AKSATANEWS.COM-Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan konsultasi itu dikoordinir oleh Wakil Ketua I DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza, dihadiri Ketua Komisi I Hapis Hasbiallah dan Wakil ketua Kamaludin Havis.

Terlihat juga dihadiri anggota Komisi I lainnya ada, Samsul Riduan, Mohd Rendra Ramadhan Usman, Abdul Jalil, Rocky Chandra, Mesran dan Syahrudin.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Ketua Komisi I Hapis Hasbiallah mengatakan, kegiatan tersebut terkait pelaksanaan kegiatan pendidikan politik menjelang pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2024 dan proses bantuan keuangan partai politik.

"Kunjungan kerja ini bertujuan untuk mendapatkan masukan terkait persiapan dan tahapan pemilu dan pilkada serentak tahun 2024 pada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia," kata Hapis Hasbiallah.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum menunjukan bahwa Pemilu ialah suatu sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, yang dijalankan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil dalam Negara Kesatuan Indonesia yang berlandaskan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 dan Pancasila.

Selanjutnya dalam PKPU No 3 Tahun 2022 dijelaskan Pemilihan Umum yang selanjutnya disebut Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat, anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

Ketua DPRD Minta Stok dan Harga Sembako Aman Selama Ramadan

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto meminta Pemerintah Provinsi Jambi untuk memantau pergerakan kebutuhan pokok jelang Ramadan. Ini

Read more

Komisi III DPRD Jambi Konsultasi Soal Batu Bara ke Dirjen Perhubungan Darat

AKSATANEWS.COM-Wakil ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara bersama Komisi III melakukan kunjungan konsultasi ke Direktorat Jenderal Perhubungan

Read more

Nur Tri Kadarini Minta Batalkan Pembangunan Stadion Center Alihkan Perbaiki KONI

AKSATANEWS.COM-Nur Tri Kadarini meminta Pemerintah Provinsi Jambi untuk menghentikan pembangunan stadion center yang kini belum dikerjakan dan di tamb

Read more

Komisi III Stuba ke Bappeda Jabar, Konsultasi Soal Program dan Strategi Peningkatan IPM

AKSATANEWS.COM-Pada tahun 2022 capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jawa Barat sebesar 73,12 persen berada pada status tertinggi. Mengeta

Read more

Dewan Sarankan Pemprov Jambi Bentuk Tim Percepatan Pembangunan Ujung Jabung

AKSATANEWS.COM-Wakil Ketua I DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza menyarankan Pemerintah Provinsi Jambi agar membentuk tim percepatan pembangunan proyek pe

Read more

Komisi IV Konsultasi ke Kementerian PPA Terkait Penanganan Anak Alami Kekeras

  AKSATANEWS.COM- Komisi IV DPRD Provinsi Jambi melaksanakan konsultasi ke Deputi Perlindungan Khusus Anak Kementerian Perlindungan Perempuan dan

Read more