Minggu5 Mei 2024

Rekomendasi

Konflik Lahan Selesai, Ketua DPRD Edi Purwanto Mengajak Semua Pihak Fokus Sejahterakan SAD 113

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto

AKSATANEWS.COM-Penyelesaian konflik lahan antara kelompok Suku Anak Dalam (SAD) 113 dengan PT Berkah Sawit Utama (BSU) sudah mencapai pada titik akhir.

Pihak perusahaan sepakat untuk menyerahkan 750 hektare lahan HGU-nya kepada kelompok SAD. Saat ini tinggal menunggu pemasangan patok dan proses sertifikat oleh pihak BPN. Tidak hanya itu, berkat political will, pihak PT BSU bahkan menambahan 20 hektare, sehingga total lahan yang diserah 770 hektare.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto yang terus mengawal kasus ini mulai dari pansus konflik lahan yang dibentuknya hingga mendengarkan masukan dari diskusi yang dilakukan.

Dia pun memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak PT BSU. Pemberian lahan tambahan seluas 20 hektare dinilai kesadaran pihak perusahaan kepada masyarakat.

“Alhamdulilah yang diberikan itu 750 hektare awalnya dan musyawarah dari mereka ditambah 20 hektare untuk fasilitas umum dan permukiman. Ini political will yang baik yang diberikaN PT BSU kepada SAD dan kita mengapresiasi hal tersebut,”ujarnya.

Di sisi lain, meskipun konflik lahan telah terselesaikan, pada kesempatan ini Edi Purwanto menyebut bahwa semua pihak juga tidak serta merta melepaskan masyarakat SAD. Edi Purwanto menyebut bahwa masih ada tanggung jawab yang harus sama-sama dikerjakan ke depannya. “Setelah ini ada tanggung jawab kita untuk mensejahterakan masyarakat, kita bergandengan tangan antara korporasi dengan pemerintah.

Saya berharap kesadaran kolektif dari korporasi- korporasi yang lain bisa meniru PT BSU sehingga nanti bisa selesai dengan baik dan menggembirakan, sehingga jambi terbebas dari konflik lahan,” harapnya.

Pada kesempatan ada Suasana haru Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto tertangkap kamera dalam rapat penyelesaian konflik lahan antara Suku Anak Dalam (SAD) 113 dengan PT Berkah Sawit Utama.

Momen haru ini tertangkap kamera usai rapat, dimana ketua DPRD Jambi langsung bersalaman dan memeluk perwakilan SAD 113.

Momen haru ini turut dirasakan oleh perwakilan SAD 113

Momen haru ini turut dirasakan oleh perwakilan SAD 113, serta pihak pemerintah Kabupaten Batanghari, dimana konflik lahan yang hampir 37 tahun tidak terselesaikan pada akhirnya dapat terselesaikan dengan cara baik melalui musyawarah mufakat dengan rekomendasi yang dihasilkan dari pansus konflik lahan DPRD Provinsi Jambi.

Edi Purwanto usai rapat menyebut bahwa perjuangan untuk menyelesaikan konflik lahan yang sudah berlangsung cukup lama ini tidaklah mudah. Namun memang dengan semangat dan dorongan serta kayakinan bersama terutama dari masyarakat SAD ini akhirnya konflik lahan ini terselesaikan.

"Tidak mudah memang untuk kita mampu selesai pada titik ini. Tapi memang ada dorongan dari masyarakat kepada saya ini juga yang menguatkan saya dan selagi saya mampu, aturan sudah jelas, tentu saya tidak akan takut karena ini untuk kepentingan masyarakat,"ujarnya.

Di sisi lain, apresiasi terhadap kerja-kerja Ketua DPRD Provinsi Jambi juga diberikan oleh kepala kanwil ATR/BPN Provinsi Jambi, Wartomo. Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan serta dorongan sehingga penyelesaian konflik ini selesai.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

Konflik Lahan SAD Selama 37 Tahun di Jambi, Terselesaikan Melalui Pansus DPRD Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto konsisten mengawal penyelesaian kasus konflik lahan yang berlangsung selama 37 tahun antara Suk

Read more

Dewan Harapkan Lulusan SMK Mampu Bersaing untuk Siap Bekerja

AKSATANEWS.COM- Anggota DPRD Provinsi jambi Nur Tri Kadarini meminta peluang lulusan SMK di Provinsi Jambi untuk siap bekerja semakin bertambah,

Read more

Jelang Nataru, Ketua DPRD Ingatkan Pemerintah Jaga Stabilitas Harga dan Kebutuhan Masyarakat

AKSATANEWS.COM-Jelang Natal dan Tahun Baru, Ketua DPRD Provinsi Jambi meminta agar stok bahan pangan untuk kebutuhan masyarakat aman dan soal harga ju

Read more

Bertepatan HKP ke-50, Juwanda Berikan Bantuan pada Petani Merangin Melalui Anggaran Pokir Dewan

AKSATANEWS.COM-Bertepatan hari Krida Pertanian ke-50 Provinsi Jambi, anggota DPRD Provinsi Jambi Juwanda berikan bantuan pertanian melalui pokok pikir

Read more

DPRD Provinsi Jambi Ingatkan Pemerintah Atas Kewajiban Berikan Fasilitas Bantuan ke Petani

AKSATANEWS.COM-Pemerintah berkewajiban memberikan fasilitasi bantuan, baik itu dalam bentuk sarana dan prasarana pertanian atau perkebunan, termasuk r

Read more

Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Apresiasi Perusahaan di Jambi Pekerjakan Disabilitas

AKSATANEWS.COM-Kementerian Tenaga Kerja memberikan penghargaan nasional kepada perusahaan yang telah mempekerjakan disabilitas. Salah satunya untuk pe

Read more