Jumat21 Juni 2024

Rekomendasi

Panen Cabai Merah di Mangun Jayo, Al Haris Puji Inovasi Bupati Bungo

Illustrasi

AKSATANEWS.COM -Usai menanam dan panen raya padi sawah di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Mashuri melanjutkan panen cabai merah.

Panen cabai merah di lahan seluas 3 hektar di Dusun Mangun Kayo, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Bungo, Kamis (30/05/2024) siang itu, juga dihadiri para pimpinan Forkopimda Bungo.

Gubernur Al Haris mengatakan upaya yang dilakukan Bupati Bungo Mashuri menekan angka inflasi dengan gerakan tanam cabai merah merupakan inovasi yang patut diapresiasi.

Yaitu dengan menyediakan lahan kepada kelompok tani untuk bertanam salah satu kebutuhan dapur tersebut.

“Kita bangga melihat langkah yang diambil Bupati Bungo mendorong kelangkaan cabe di tengah masyarakat, ini inovasi baru. Ia menyediakan lahan untuk kelompok tani bertenam cabe merah,” kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan jika setiap daerah di Kabupaten/Kota di Jambi menyediakan lahan yang dikelola kelompok tani untuk bertanam cabai, maka hal tersebut dapat membantu kebutuhan pasokan cabai dan menekan angka inflasi.

“Kalau 10 Kabupaten dan kota menyediakan lahan 10 hektar saja, maka di Provinsi Jambi kita sudah punya 100 hektar lahan dan itu kita berikan kepada kelompok tani untuk mengelolanya, dan mereka menanam tanaman yang dapat menurunkan inflasi, maka angka inflasi dapat kita kendalikan,” ujar Al Haris.

“Inovasi ini akan terus kita dorong dan kita bahas di tingkat provinsi, selanjutnya kita juga dorong Kabupaten/Kota ini menyediakan lahan untuk dikelola tanaman yang dapat menekan angka inflasi,” tambah Al Haris lagi.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan alat mesin pertanian berupa Cultivator kepada beberapa kelompok tani.

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Al Haris dan Mashuri Tanam dan Panen Padi Sawah Bersama di Empelu Bungo

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Bungo Mashuri tanam dan panen raya padi sawah bersama di dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepengg

Read more

Gubernur Al Haris: Pemprov Jambi Berhasil Menjaga Kestabilan

AKSATANEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD)

Read more

Gubernur Al Haris Sampaikan Usulan Petani Tanjung Jabung Timur Terkait Penambahan PSR

AKSATANEWS.COM-Jambi– Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH., menyampaikan usulan petani sawit terkait dengan penambahan kuota peremajaan sawit

Read more

Pemprov Jambi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Peran Sektor Pertanian dan Industri Manufaktur

AKSATANEWS.COM-Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, M.H diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Dr. Donny Iskanda

Read more

PetroChina Lanjutkan Survei Seismik di Blok Jabung, Sasar 28.136 Titik Tembak

AKSATANEWS.COM-SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PetroChina International Jabung Ltd. (PCJL) terus melanjutkan tahapan Survei Se

Read more

Peningkatan Produktivitas Hulu Migas Catat Capaian Signifikan hingga Akhir 2023

AKSATANEWS.COM- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan pertumbuhan produktivitas yang menggembi

Read more