Minggu8 September 2024

Rekomendasi

Abdullah Sani Alumni UIN Tidak Diragukan Lagi Dalam Peningkatan SDM di Provinsi Jambi

Abdullah Sani Alumni UIN Tidak Diragukan Lagi Dalam Peningkatan SDM di Provinsi Jambi. Foto dok Kominfo Provinsi Jamb
Abdullah Sani Alumni UIN Tidak Diragukan Lagi Dalam Peningkatan SDM di Provinsi Jambi. Foto dok Kominfo Provinsi Jamb

AKSATANEWS.COM - Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani menyampaikan bahwa  alumni Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah banyak berkontribusi menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi dan bertanggungjawab dalam meningkatkan SDM serta membangun negeri dan membantu pemerintah daerah di Provinsi Jambi.

Ini dikatakan Abdullah Sani saat menghadiri Yudisium Program Magister dan Doktor XXIV (Ke-24) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, bertempat di Aula Sutha Inn Kampus I UIN STS Jambi, Telanaipura, Kota Jambi, Senin (15/07/2024).

“Selamat kepada seluruh peserta yudisium ini, atas capaian yang telah diraih selama menuntut ilmu di Program Magister dan Doktor Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi. Semoga perjuangan yang dilakukan memperolah hasil terbaik dan maksimal, jadikan ini sebagai langkah awal untuk lebih maju dimasa mendatang,” ujar Wagub Abdullah Sani.

Wagub Abdullah Sani, momentum ini merupakan sesuatu yang ditunggu oleh seorang mahasiswa dan mahasiswi, dimana hari ini diumumkan keputusan yang menyatakan apakah mahasiswa tersebut lulus atau tidak, berdasarkan seluruh proses akademik yang telah dilalui sebagai bagian dari penilaian akhir. “Saya yakin, menjadi harapan kita semua terhadap semua lulusan atau peserta yudisium memiliki kualitas, skill, dan kompetensi yang tinggi serta karakter yang Tangguh dan baik,” kata Wagub Abdullah Sani.

“Seluruh lulusan hendaknya menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi dan Indonesia yang berkualitas, selaras dengan salah satu misi Pembangunan Provinsi Jambi, Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, dengan tujuan meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan gender dan semoga berkah baik untuk diri sendiri juga untuk masyarakat Provinsi Jambi,” sambung Wagub Abdullah Sani.

Wagub Abdullah Sani menjelaskan, untuk mencetak atau mewujudkan lulusan pascasarjana yang berbasis kebaikan dan keunggulan tidaklah mudah, meskipun semua sudah memasuki tahapan yudisium.

“Untuk itu, semua hendaknya menjadi pembelajar sepanjang hayat, tidak berhenti belajar walaupun telah menyelesaikan pendidikan jenjang Pascasarjana dan Doktor, apalagi di UIN banyak sekali jenjang keagamaan yang perlu kita pelajari. Untuk itu pelajari, kejarlah pendidikan itu,” jelas Wagub Sani.

“Sudah banyak alumni UIN yang masuk menjadi ASN atau berada dalam pemerintahan, tersebar dimana-mana diseluruh Indonesia ini, artinya peran serta atau kontribusi UIN dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan dimasa mendatang sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi dalam meningkatkan SDM,” lanjut Wagub Sani.

Lebih lanjut Wagub Sani berharap kepada semua yang hadir dapat memberikan pengaruh positif dan membawa perubahan yang positif dan konstuktif dilingkungan, baik dilingkungan kerja maupun dilingkungan tempat tinggal. “Kita bisa menggerakkan, memotivasi, dan menginspirasi banyak orang atau masyarakat untuk bersama-sama meraih kemajuan dan keberhasilan. Selain itu, agar turut kita bisa memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi ditengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” harap Wagub Sani.

Wagub Sani juga menyampaikan kepada seluruh peserta yudisium bahwa yang harus dipahami yaitu Empat pilar kebangsaan dan penjelasan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.

“Empat pilar kebangsaan sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh yang hadir, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada masyarakat,” tutup Wagub Sani.

Sementara Itu, Direktur Yudisium Program Magister dan Doktor XXIV (Ke-24) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Risnita, M.Pd. menyampaikan bahwa peserta yudisium ini berjumlah 106 orang. Selain itu dirinya juga menyampaikan agar para mahasiswa jangan berhenti menimba ilmu, walaupun umur sudah tua. “Para mahasiswa jangan berhenti menimba ilmu walaupun umur sudah tua, kalau kita sebagai mahasiswa tidak merasakan tua karena kita sebagai mahasiswa. Jadi menimba ilmu itu tidak ada batasnya, jadi merasakan muda, kita hidup itu memerlukan Pendidikan,” katanya. 

Editor: Anzari




Komentar Facebook


Berita Terkait

Ketua DPRD Jambi: Proses PPDB Harus Tertib, Transparan dan Sesuai Aturan

AKSATANEWS.COM - Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto meminta Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2024 sesuai dengan aturan.

Read more

Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Buka Pusat Informasi PPDB 2024

AKSATANEWS.COM - Penitia PPDB Online SMA/SMK di Provinsi Jambi membuka pusat informasi di kantor dinas pendidikan (Disdik) provinsi Jambi. Pusat info

Read more

Berikut Pembagian Zonasi PPDB untuk SMA Negeri di Kota Jambi

 AKSATANEWS.COM - Penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMA/SMK di Provinsi Jambi telah dibuka sejak 10 Juni tahap 1 dan 17 Juni ini tahap 2.

Read more

84 Mahasiswa Fakultas Hukum Unja Kuliah Umum Bersama Ketua DPRD Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM - 84 Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jambi menerima kuliah umum dari Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Selasa siang (4/6) d

Read more

Al Haris Berikan Hadiah Umroh Santri Hafidz 30 Juz Ponpes Nurul Jadid Singkut

AKSATANEWS.COM -  Gubernur Jambi Al Haris memberikan hadiah istimewa kepada santri penghafal Al-Quran. Pada sabtu siang (01/06/2024), Gubernur Al Har

Read more

Hadiri Haflah Akhirussanah Ponpes Darul Hikam Tebo, Al Haris: Pemprov Jambi Konsen Membantu Ponpes

AKSATANEWS.COM - Gubernur Jambi Al Haris menghadiri pengajian Akbar dan Haflah Akhirussanah ke-34 Yayasan Pondok Pesantren Darul Hikam, Kecamatan Rimb

Read more