Senin22 April 2024

Rekomendasi

BI Jambi Imbau Masyarakat Bijak Belanja Selama Ramadhan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Hermanto,
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Hermanto,

AKSATANEWS.COM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi mengingatkan masyarakat untuk bijak berbelanja selama Ramadhan dan Idul Fitri sebagai salah upaya untuk menekan inflasi.

"Imbauan dari kami adalah belanja bijak berbelanja, menggunakan uang lebih hemat. Hemat itu juga sesuai dengan anjuran agama juga," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Hermanto, Sabtu.

Ia mengingatkan masyarakat untuk bijak dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan lebaran. Bijak dalam berbelanja ini, kata dia masyarakat harus membeli sesuai kebutuhan dan jangan sampai berlebihan.

Hermanto menegaskan masyarakat harus menyisihkan uang yang didapat dari gajian atau THR lebaran untuk ditabung.Tabungan itu penting untuk antisipasi ke depannya.

Selain itu, terkait dengan Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah, juga dijelaskan bahwa uang bukan saja digunakan untuk berbelanja saja tapi juga sebagai alat penyimpan nilai ke depan.

Ia menjelaskan, bijak berbelanja dengan membeli barang sesuai kebutuhan dan tidak memborong belanjaan juga menjadi upaya untuk mengendalikan inflasi.

Jika melihat ke belakang, kata dia inflasi Jambi cukup tinggi. Selama Ramadhan dan Idul Fitri diprediksi inflasi juga akan meningkat.

Jika melihat data inflasi pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai 1,5 persen secara bulanan, Hermanto berharap, pada momen Ramadhan tahun ini inflasi Jambi secara bulanan tidak mencapai 1 persen. "Dengan belanja bijak ini juga turut mengendalikan inflasi," katanya.

Dalam upaya pengendalian inflasi ini, BI juga telah berkolaborasi dengan Pemda, tim pengendali inflasi daerah (TPID), Satgas Pangan untuk melakukan aksi strategis seperti operasi pasar atau pasar murah.(*)

Editor: Endang




Komentar Facebook


Berita Terkait

Lagi, Temuan Cadangan Gas Di Jawa

AKSATANEWS.COM-Upaya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi  (SKK Migas) dan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerjasama) untuk terus

Read more

Terapkan BI-Fast, Bank bjb Jadi Bank Sponsor untuk Bank Jambi dan Bank Jambi Syariah

AKSATANEWS.COM– Guna memajukan bisnis perusahaan dan mendorong laju perekonomian daerah, PT Bank Pembangungan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (ba

Read more

Panen Tambahan Produksi, SKK Migas SUMBAGSEL Apresiasi PetroChina International Jabung Ltd

AKSATANEWS.COM ,JAKARTA-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) SUMBAGSEL bersyukur atas hasil pengeboran su

Read more

SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

AKSATANEWS.COM-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan kunjungan ke lokasi pemboran sumur Eksplora

Read more

Al Haris : Pelabuhan Tingkatkan Konektivitas

Aksatanews.com- Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengemukakan, kegiatan ini memiliki makna strategis dalam upaya memperkuat infrastruktur di

Read more

Presiden Joko Widodo Kunjungi Migas Corner

AksataNews.com– Presiden Joko Widodo mengunjungi Migas Corner di SoloTechnopark (STP), Surakarta Jawa Tengah. Kunjungan Presiden Jokowi ke Migas Cor

Read more