Selasa23 April 2024

Rekomendasi

Dewan Jambi Apresiasi Peralihan BLK dari Provinsi Jambi ke Menaker

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria
Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria

AKSATANEWS.COM-Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Jambi telah resmi beralih menjadi kepemilikan pusat. Nantinya setelah peralihan ini berjalan akan memberikan manfaat besar bagi Jambi. Seperti bisa menyerap hingga 7 ribu orang untuk dilatih keterampilan setiap tahunnya.

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria mengapresiasi langkah ini. Bahkan ia sendiri hadir dalam penyerahan aset ini di Jakarta.

Fadli mengatakan tahun sebelumnya Jambi dialokasikan 900 orang per tahun. Atau membuka pelatihan per triwulan hingga 4 kali dalam setahun.
Dan ketika BLK tahun ini sudah diserahkan ke pusat dan informasi dari Kemenaker, Jambi bisa menerima 7 ribu per tahun.

“Ini meminimalisir tingkat pengangguran di provinsi Jambi,” sebut Politisi PAN ini.

Untuk tata kelola kedepannya Fadli mengakui BLK akan dibiayai Kemenaker dan tak ada anggaran Pemprov tak ada.

“Ini jauh membantu kita mulai dari fisik mereka yang bangun, dan SDM mereka sediakan. Yang kita terkena manfaatnya adalah manusia pelatihan dari Jambi dan juga boleh dari luar daerah,” akunya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi Bahari mengatakan telah dilakukan penyerahan BLK secara administratif, yuridis maupun Fisik pada 11 Januari lalu yang ditandatangani langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris dan Menaker Ida Fauziah.

“Nantinya pusat (Kemenaker) akan buat suatu perencanaan dan akan menjadi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) BLK. Dan mulai tahun ini sudah masuk perencanaan mulai dari pembangunan gedungnya yang berlokasi di gedung lama di Telanaipura,” ujar Bahari.

Secara bertahap, akan dilakukan pembangunan fisik, dilakukan pembenahan dan disiapkan peralatan dan Sumber Daya Manusia atau instruktur yang kompeten.

“Dalam waktu dekat akan datang konsultan dari pusat untuk melakukan perencanaan gedungnya di lokasi BLK di Telanai yang diserahkan asetnya beberapa hari lalu,” akunya.

“Nantinya kalau sudah jadi bisa melatih 6 ribu hingga 7 ribu orang. Ini sangat menguntungkan Jambi,” sebut Bahari.

Sejauh ini, lanjut Bahari, BLK masih dijabat oleh pejabat Pemprov. Nantinya setelah sarana dan prasarana rampung pejabat tersebut bisa memilih menjadi pegawai Pemprov atau pindah menjadi pegawai Kemenaker (pusat).

Terpisah, saat kunjungan ke Jambi Wamenaker Afriansyah Noor mengatakan dengan dikelola oleh pusat, kapasitas, anggaran dan layanan BLK itu nantinya akan semakin maksimal.

“Maka berbahagialah orang Jambi, Insya Allah BLK itu bisa menciptakan tenaga-tenaga yang profesional dan bermutu untuk Provinsi Jambi,” katanya.

Hal itu sudah resmi, kata Afriansyah Noor dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman.

Nantinya, BLK tersebut dapat menampung dan memfasilitasi 7.000 orang dalam satu tahun.

“Jadi, tanahnya itu adalah milik Provinsi Jambi lalu dihibahkan kemudian kita yang membangun, sekaligus mempersiapkan fasilitas dan sarananya,” pungkas Afriansyah Noor.

Sebelumnya, Gubernur Jambi Al Haris, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jambi Bahari Panjaitan, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi Fadli Sudria beserta rombongan telah melakukan penyerahan BLK kepada Menteri Ketenagakerjaan. (*)

Penulis: ndang

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

DPRD Jambi Godok Perda CSR Perusahaan

AKSATANEWS.COM-Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Provinsi Jambi tahun ini akan menggodok tentang perubahan Perda Corporate Social R

Read more

Edi Purwanto Bersama Anggota Komisi V DPR RI Panen Pisang Canvendish di Ponpes Irsyadul Ibad

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto bersama Anggota Komisi V DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Sri Rahayu menyambangi Pondok

Read more

Komisi IV Tinjau Proses KBM Full Day di SMA TT Pasca Pandemi COVID-19

AKSATANEWS.COM-Komisi IV DPRD Provinsi Jambi meninjau langsung proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka sistem full day di SMA Titian Teras,

Read more

Komisi III DPRD Jambi Sidak ke RTH Park Putri Pinang Masak

AKSATANEWS.COM- Anggota Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Juwanda bersama dengan Rusdi melakukan sidak ke Ruang Terbuka Hijau (RTH) Park Putri Pinang Ma

Read more

Minta penjelasan dan Rencana Kerja 2023. Komisi IV Gelar RDP bersama RSUD Raden Mattaher

AKSATANEWS.COM-nggota Komisi IV DPRD Provinsi Jambi gelar Rapat Dengar Pendapat dengan RSUD Raden Mattaher Jambi, Senin (16/1/2023). Kegiatan RDP itu

Read more

Komisi I DPRD Provinsi Jambi Studi Banding ke Diskominfo Sumsel Bahas Soal Blank Spot

AKSATANEWS.COM-Komisi I DPRD Provinsi Jambi melakukan kegiatan studi banding ke Dinas Kominfo Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini dilakukan terkait den

Read more