Rabu24 April 2024

Rekomendasi

Waka DPRD Pinto Jayanegara sambut baik pembangunan jalan khusus batubara

Illustrasi

AKSATANEWS.COM-Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara menyambut baik dan mendukung penuh dimulainya pembangunan jalan khusus (hauling) batubara oleh investor swasta PT.Putra Bulian Properti di Provinsi Jambi.

Pembangunan trase pertama jalan hauling batubara sepanjang 143 kilometer itu ditandai dengan pemasangan batu pertama (ground breaking) oleh Gubernur Jambi di Desa Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muarojambi, Kamis (1/9).

Pembangunan tersebut diharapkan akan menjadi salah satu alternatif jalur angkutan jalan khusus batubara dari Tembesi ke pelabuhan Talang Duku.

"Ke depan kita harapkan angkutan tongkang batubara melalui alur sungai Batanghari juga dimaksimalkan sehingga kemacetan, kerusakan dan kecelakaan lalu lintas di jalan umum atau jalan negara dapat dihindari dan diminimalisir," kata Pinto.

Ia juga minta ground breaking pembangunan jalan khusus batubara oleh pihak swasta tersebut bukan hanya sekedar seremonial saja dan tidak berkelanjutan.

"Kami juga minta Pemprov Jambi melobi Kementerian Perhubungan untuk menganggarkan APBN untuk merevitalisasi Sungai Batanghari dan segera menginisiasi terbentuknya konsorsium swasta untuk pengerukan alur Sungai Batanghari sehingga dapat dimanfaatkan oleh tongkang angkutan batubara dengan tonase besar dari Tenam, Tembesi ke pelabuhan Talang Duku dan ke ambang luar pantai timur," jelasnya.

Pinto juga berharap dengan pembangunan hauling batubara tersebut akan menyerap ratusan tenaga kerja lokal dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di sepanjang jalan khusus batubara.

Pinto juga minta pihak investor untuk meminimalisir dampak negatif seminimal mungkin selama tahap pembangunan hauling maupun ketika sudah memasuki tahap pemanfaatannya nanti.(*)




Komentar Facebook


Berita Terkait

Fraksi PKB beri catatan terkait Rancangan APBD-P Pemprov Jambi 2022

AKSATANEWS.COM- Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Provinsi Jambi memberikan beberapa catatan terkait nota keuangan rancangan Anggaran Pendap

Read more

Komisi IV DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Jabar terkait pengembangan rumah sakit

AKSATANEWS.COM- Komisi IV DPRD Provinsi Jambi studi banding ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan Provinsi Jawa Barat terkait peningkatan layanan

Read more

Dewan Sepakati KUPA-PPAS Perubahan APBD Provinsi Jambi TA 2022

AKSATANEWS.COM-DPRD Provinsi Jambi bersama Gubernur Jambi Al Haris akhirnya menandatangani kesepakatan Rancangan KUPA-PPAS Perubahan APBD Tahun Anggar

Read more

Ketua DPRD Edi Purwanto Harap Festival UMKM Bisa Pulihkan Perekonomian Jambi

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengapresiasi festival UMKM 2022 di lapangan bandara lama STS Jambi Kota Jambi, Kamis (15/9/22).

Read more

Ketua DPRD Dukung E-Monev yang Digelar Komisi Informasi Provinsi Jambi

AKSATANEWS.COM- Wakil Ketua Komisi Informasi Almunawar yang didampingi oleh Anggota Komisi Provinsi Jambi A. Taufiq Helmi, Zamharil dan Siti Masnidar

Read more

Wakil Ketua Komisi III Ivan Wirata Bersama Kadis PUPR Cek Jalan Rusak di Kumpeh

AKSATANEWS.COM- Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi Ivan Wirata (IW) menindaklanjuti laporan warga terkait kerusakan jalan dengan mengajak lang

Read more