Sabtu18 Mei 2024

Rekomendasi

Harga CPO di Jambi Turun Signifikan Rp 423 per Kilogram

Tandan Buah Segar (TBS)
Tandan Buah Segar (TBS)

AKSATANEWS.COM- Tim perumus harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit Provinsi Jambi untuk periode 31 Maret - 6 April 2023, menetapkan harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) turun cukup signifikan sebesar Rp 423 per kilogram, dari Rp 12.240 menjadi Rp 11.717 per kilogram.

Tim perumus juga menyepakati harga sawit umur 10-20 tahun turun Rp 143 per kilogram, dari Rp 2.760 menjadi Rp 2.650 per kilogram.

"Inti sawit juga turun Rp 105 per kilogram dari Rp 6.285 jadi Rp 6.180 per kilogram," kata Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal, Sabtu.

Harga TBS ini adalah harga yang diperuntukkan bagi petani yang telah jadi mitra dari perusahaan pengolahan sawit dimana Pemerintah Provinsi Jambi saat ini juga tengah membentuk Satgas Pemantau Harga TBS kelapa sawit yang ada di daerah.

Berikut informasi selengkapnya harga TBS di Jambi untuk TBS usia tanam tiga tahun yang ditetapkan untuk periode kali ini adalah Rp 2.087 per kilogram, usia tanam empat tahun Rp 2.211 per kilogram, usia tanam lima tahun Rp 2.314 per kilogram, usia tanam enam tahun Rp 2.412 per kilogram dan usia tanam tujuh tahun Rp 2.473 per kilogram.

Kemudian untuk usia tanam delapan tahun senilai Rp 2.524 per kilogram, usia tanam 9 tahun Rp 2.574 per kilogram, usia tanam 10 sampai dengan 20 tahun Rp 2.650 per kilogram, usia 21 hingga 24 tahun Rp 2.568 per kilogram dan di atas 25 tahun Rp 2.445 per kilogram.

Turunnya harga TBS dan CPO tersebut diketahui berdasarkan hasil rapat penetapan harga CPO, TBS, dan inti sawit, yang merupakan kesepakatan tim perumus dalam rapat yang dihadiri para pengusaha, koperasi dan kelompok tani sawit yang berdasarkan peraturan menteri dan peraturan gubernur.

Harga TBS ini sendiri bervariasi tergantung dengan usia masa tanam yang beragam. Kemudian harga ini juga berlaku untuk petani sawit yang telah bermitra dengan pabrik sawit.

Untuk menjaga kestabilan harga TBS di Jambi, pihak pemerintah telah menyarankan kepada seluruh kabupaten agar membuat tim pemantau harga kelapa sawit di daerahnya masing-masing.(*)

Editor: Anton




Komentar Facebook


Berita Terkait

BI Jambi Imbau Masyarakat Bijak Belanja Selama Ramadhan

AKSATANEWS.COM-Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi mengingatkan masyarakat untuk bijak berbelanja selama Ramadhan dan Idul Fitri seba

Read more

Lagi, Temuan Cadangan Gas Di Jawa

AKSATANEWS.COM-Upaya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi  (SKK Migas) dan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerjasama) untuk terus

Read more

Terapkan BI-Fast, Bank bjb Jadi Bank Sponsor untuk Bank Jambi dan Bank Jambi Syariah

AKSATANEWS.COM– Guna memajukan bisnis perusahaan dan mendorong laju perekonomian daerah, PT Bank Pembangungan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk. (ba

Read more

Panen Tambahan Produksi, SKK Migas SUMBAGSEL Apresiasi PetroChina International Jabung Ltd

AKSATANEWS.COM ,JAKARTA-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) SUMBAGSEL bersyukur atas hasil pengeboran su

Read more

SKK Migas dukung kelancaran Pengeboran Sumur Eksplorasi Markisa-001

AKSATANEWS.COM-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan kunjungan ke lokasi pemboran sumur Eksplora

Read more

Al Haris : Pelabuhan Tingkatkan Konektivitas

Aksatanews.com- Gubernur Jambi, Dr.H.Al Haris,S.Sos.,M.H., mengemukakan, kegiatan ini memiliki makna strategis dalam upaya memperkuat infrastruktur di

Read more