Minggu25 September 2022

Rekomendasi

Ketua DPRD Kawal Proses Patok 750 Hektare Lahan Untuk SAD 113

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto turun ke kawasan perkebunan sawit PT Berkat Sawit Utama (BSU) di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Rabu (31/8/2022).
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto turun ke kawasan perkebunan sawit PT Berkat Sawit Utama (BSU) di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Rabu (31/8/2022).

AKSATANEWS.COM-Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto turun ke kawasan perkebunan sawit PT Berkat Sawit Utama (BSU) di Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Rabu (31/8/2022). Kegiatan ini dilakukan Edi untuk memastikan agar proses penyelesaian konflik lahan antara PT. BSU dan Suku Anak Dalam (SAD) 113 berjalan dengan baik sesuai dengan hasil rapat bersama Menteri ATR/BPN 22 Juli 2022 lalu.

Merujuk pada Rapat 22 Juli 2022, jika PT BSU tidak mampu menyediakan lahan sebanyak 750 Ha di areal PT Berkah Sapta Palma (BSP) untuk 744 jiwa masyarakat SAD 113 sampai dengan 30 Agustus 2022, maka PT BSU akan menyerahkan lahan di kawasannya merujuk ke Peta Survei Mikro yang telah ditentukan bersama oleh Kanwil BPN Provinsi Jambi dan Forkopimda Provinsi Jambi. 

"Kita ingin memastikan bahwa kesepakatan antara SAD 113 dengan pihak PT BSU berjalan dengan baik sebagaimana kesepakatan 22 Juli 2022 lalu dengan Menteri ATR/BPN, dan hari ini kita melakukan pengukuran, bikin batas, patok-patok seluas 750 Ha sesuai kesepakatan,” ujar Edi.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini berharap bahwa ini adalah solusi akhir, sehingga tidak ada konflik lanjutan setelah proses pengukuran ini. Tidak ada lagi kelompok-kelompok tertentu yang meng-klaim lahan sepihak dan melakukan hal-hal yang inkonstitusional. Karena kesepakatan yang dihasilkan bersama Menteri ATR/BPN telah melalui proses identifikasi dan verifikasi yang panjang dan komprehensif. 

“Ini bukti negara hadir dalam proses penyelesaian konflik lahan antara masyarakat dan perusahaan, dan kehadiran kami disini untuk mengamankan keputusan yang telah disepakati bersama tersebut,” tambah Edi.

Pada kesempatan yang sama Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, yang juga ikut turun ke lokasi PT BSU menyampaikan bahwa pihaknya hadir untuk mengawal keputusan negara agar sesuai dengan kesepakatan bersama Menteri ATR/BPN dan tidak salah tempat. 

“TNI dan Polri akan mengawal SAD 113 kembali ke lokasi Peta Survei Mikro, kami akan memastikan tempat dan orang-orangnya sesuai SK Gubernur,” terang Supriono.

Sementara pihak PT. BSU yang diwakili Humas, Ali Basrin menyampaikan bahwa pihaknya akan mengikuti keputusan pemerintah. 

“Apapun keputusan pemerintah, PT BSU tidak bisa memungkiri lagi, kami dari manajemen akan mengikuti keputusan negara tersebut,” kata Ali Basrin.

Dalam kegiatan ini Edi Purwanto turun ke kawasan PT BSU bersama dengan Ketua Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Jambi, Wartomo, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono, Dandim 0415/Jambi, Kolonel Inf Marsal Denny, Kapolres Batanghari, AKBP M Hasan, dan perwakilan dari pihak PT BSU serta perwakilan dari SAD 113.

Sebelum melepas tim yang akan melakukan proses patok dan penentuan lahan yang akan diberikan kepada pihak SAD 113, Edi Purwanto menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras demi terwujudnya keputusan penyelesaian konflik. 

“Kepada masyarakat mari sama-sama kita menjaga suasana kondusif ini, ini akan menjadi pilot project penyelesaian konflik lahan terbaik. Pemerintah, korporasi dan masyarakat harus bersinergi,” pungkas Edi.(*)

 




Komentar Facebook


Berita Terkait

Anggota DPRD Jambi prihatin kasus kekerasan pelajar terulang lagi

AKSATANEWS.COM- Anggota DPRD Provinsi Jambi Daerah pilihan (Dapil) Kabupaten Batang Hari dan Muaro Jambi Ivan Wirata prihatin atas kekerasan pelajar y

Read more

Waka DPRD Pinto Jayanegara minta TPID Jambi serius turunkan inflasi

AKSATANEWS.COM- Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara minta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jambi serius untuk mengatasi terk

Read more

HUT ke-77 RI, DPRD Provinsi Jambi Gelar Paripurna Mendengarkan Pidato Presiden

AKSATANEWS.COM-DPRD Provinsi Jambi menggelar sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Presiden dalam Sidang Tahunan MPR RI dan pidato Presid

Read more

Meriahkan HUT Ke-77 RI, Keluarga Besar DPRD Provinsi Jambi Gelar Gebyar Gembira Lomba-Lomba

AKSATANEWS.COM-Keluarga besar DPRD Provinsi Jambi menggelar Gebyar Gembira perlombaan guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indo

Read more

Dewan Dorong Gubernur Jambi Evaluasi Kinerja PT JII Belum Ada Kontribusi Pada Pemprov

AKSATANEWS.COM-Anggota DPRD Provinsi Jambi dari Fraksi PKS Supriyanto mendorong Gubernur Jambi untuk memberikan perhatian serius terhadap kinerja PT J

Read more

DPRD Provinsi Jambi Godok Lima Ranperda Inisiatif Dewan untuk Disahkan Tahun Ini

AKSATANEWS.COM- Pemerintah Provinsi Jambi bersama DPRD Provinsi Jambi telah membahas lima Ranperda inisiatif dewan untuk disahkan jadi Perda. Ranperd

Read more